photo (14)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan menyoroti pentingnya citizen journalism atau jurnalisme warga dalam pengawasan pembangunan. Hal tersebut disampaikan Anis dalam diskusi yang diadakan di ICE Palace Jakarta hari Sabtu, 29 Agustus 2015. Anies menegaskan saat ini pembangunan sudah menggunakan system desentralisasi termasuk di kementrian yang dipimpinnya. Dana pendidikan yang dianggarkan pemerintah sudah cukup besar yaitu 20% dari total APBN namun dana tersebut langsung disalurkan ke daerah. Menurut Anis implementasi dari anggaran tersebut yang perlu diawasi di daerah. Dana sisa anggaran yang selalu besar menunjukkan pembangunan tidak berjalan sesuai rencana.

Anies mengapresiasi pemberitaan untuk mengkritisi pemerintah mengenai pembangunan infrastruktur, namun Anies menyarankan agar pemberitaan juga menjaga perasaan sehingga tidak menghilangkan potret besar akan fakta. Anis mencontohkan pemberitaan mengenai cerita sukses akan bermanfaat untuk mendorong keberhasilan siswa.

Di era digitalisasi warga dengan mudah melawan penguasa dan kehilangan rasa takutnya. Namun tantangan ke depan adalah bagaimana jurnalis warga bisa mendapatkan trust.