onlinecareertips.comDi era globalisasi ini, semakin ketat pula persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya di ibukota. Bukan hanya pesaing dari dalam negeri, bahkan kita harus mulai mempersiapkan diri untuk bersaing dengan pesaingĀ  dari luar negeri. Perusahaan-perusahaan menginginkan karyawan yang menguasai keahlian yang relevan dengan perkembangan jaman dan bukan hanya dari teori belaka. Keahlian-keahlian tersebut cenderung lebih mudah dikuasai dan dipahami melalui terjun langsung ke dunia kerja, atau biasa disebut soft skill. Karena itu soft skill yang dimiliki harus ditingkatkan, bukan hanya hard skill yang didapat selama belajar teori di kelas perkuliahan saja. Salah satu cara untuk meningkatkan soft skill tersebut adalah dengan Magang. Mengapa magang itu penting? Untuk kelancaran operasional suatu perusahaan, mereka membutuhkan karyawan-karyawan yang bisa saling bekerjasama, memiliki keahlian komunikasi yang baik, bisa berbaur dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan perusahaan serta memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Untuk membina keahlian-keahlian tersebut, cara terbaik adalah dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Terlebih lagi, tentunya magang dilakukan ke perusahaan yang sesuai dan cocok dengan jurusan dan peminatan yang kita pilih, sehingga seharusnya magang menjadi sesuatu yang menyenangkan karena sesuai dengan passion yang kita miliki dan dapat memberikan bayangan mengenai bagaimana keadaan dan situasi yang akan dihadapi saat berada di dunia kerja selanjutnya setelah lulus, dan dapat membantu kita untuk lebih mengenal kemampuan diri sendiri lebih dalam. Seperti contohnya, Karena jurusan saya Marketing Communication dan peminatan Broadcasting, saya melakukan program magang di sebuah Production House dan bekerja di bidang Production, karena hal ini saya lebih dapat mengetahui peran-peran apa saja yang dibutuhkan untuk produksi sebuah acara dan mencoba semuanya, seperti menjadi host, camera person, editor, scriptwriter, dan lain-lain. Sehingga akhirnya saya akan mengetahui bagian apa yang paling sesuai dengan diri saya. Dan karena saya menyukai bidang ini, rasanya bukan seperti melakukan pekerjaan, melainkan seperti hobi.

Maka dari itu program magang yang dijalankan seorang mahasiswa bukanlah hanya suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai program yang dibuat dalam perkuliahan untuk sekedar mendapatkan nilai, namun justru program magang merupakan sebuah kebutuhan yang dimiliki seorang mahasiswa untuk dapat menghadapi keadaan dalam dunia kerja di masa depan. Sehingga dapat meraih prestasi danĀ  cita-cita yang diinginkan.

Anindya Caesariana Pute