Untuk melengkapi syarat kelulusan dari Universitas Bina Nusantara, Saya terpaksa melakukan kerja magang atau intership selama 3 bulan di perusahaan yang sesuai dengan peminatan yang saya ambil yaitu broadcasting. Hal ini tentu tidak mudah karena sebagai mahasiswi semester VIII saya juga harus menjalaninya berbarengan dengan mata kuliah skripsi.

1

Rasa keterpaksaan itu ternyata tidak bertahan lama. Sejalan dengan waktu, saya mulai menyukai pekerjaan saya di tempat magang. Saya ditempatkan di sebuah program yang menurut saya cukup menarik yaitu d’SIGN.  Program ini merupakan magazine yang tayang setiap sabtu dan minggu pukul 16.00 WIB. Sesuai dengan namanya program ini mengulas tentang karya dunia desain diantaranya karya arsitektur unik dan menarik pada hunian, perkantoran, restoran, salon, dan lain-lain. Selain itu program ini juga menayangkan ide desain interior yang inspiratif, desain furniture yang kreatif, hingga berbagai gaya seni yang bisa menjadi refrensi gaya desain interior untuk macam-macam bentuk bangunan.

2

Produser program d’SIGN tidak memberikan jabatan khusus, oleh karena itu saya belajar menjadi seorang Creative sekaligus Production Assistant (PA). Sebagai creative saya harus bisa memilah milih lokasi untuk shooting karena tempat yang unik pun belum tentu bisa mudah digali informasinya, dibantu dengan creative d’SIGN lainnya saya mencari materi dari lokasi yang sudah ditentukan, kemudian membuat perizinan untuk shooting, request transportasi untuk shooting, dll. Dengan jabatan rangkap itu, saya pun berkesempatan untuk ikut serta dalam proses shooting yang terkadang dilakukan diluar kota, serta membantu editor dalam pasca produksi.

3

Selain pekerjaan broadcast yang sesuai dengan penelitian saya, magang di d’SIGN memberikan saya kesempatan terjun ke dunia digital media. Saya dipercaya untuk menjadi admin dari account social media yang dimiliki program d’SIGN. Dengan terus mengupdate kegiatan dan mengingatkan kepada para pemirsa untuk tidak lupa menyaksikan d’SIGN, tidak jarang saya juga harus menjawab berbagai pertanyaan followers baik di reply tweeter maupun comment instagram.

Dengan keberadaan anak magang dalam Program DSign, sangat membantu pekerjaan tim kami. Dengan rasa keingintahuan yang besar dari mereka untuk mempelajari dan mengenal cara kerja tim produksi program DSign, membuat kami menjadi semakin semangat dalam memproduksi sebuah tayangan yang berkualitas untuk penonton” Marsha Nadila – Creative d’SIGN

5

Sungguh menyenangkan bisa menjadi bagian dari televisi masa kini yang menyajikan program-program unik, menarik dan inspiratif. Di program d’SIGN saya tidak hanya belajar ilmu broadcasting seperti di kampus, tapi saya juga belajar mengenai ilmu baru yaitu arsitektur dan interior. Selain hal tersebut saya juga belajar team work, respect, dan tanggung jawab dalam bekerja. Dalam waktu 3 bulan saja saya sudah seperti memiliki sahabat baru, produser dan teman teman yang ada di tim bukan cuma menjadi kakak pembimbing tapi sudah seperti keluarga sendiri. Begitu juga dengan rekan kerja dari program lain, begadang bersama, pulang tengah malam bersama, dan melepas penat bersama. Dunia media yang tak kenal waktu juga membuat saya semakin menghargai waktu. Semoga semua pengalaman dan pelajaran yang saya dapat ini bisa menjadi bekal untuk mengahadapi dunia kerja setelah lulus nanti. (FAWZIAH IZZATI – Broadcasting-1401107670)