People Innovation Excellence

Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Media sosial sudah banyak digunakan mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Media sosial merupakan media online, yang memudahkan para penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi, dan bersosialisasi. Media sosial memiliki isi meliputi blog, jejaring sosial, wikpedia, forum dan dunia virtual. Media sosial juga memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Saat ini sudah banyak jenis media sosial yang mungkin sudah kita gunakan, salah satunya adalah Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Media sosial memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat media sosial;

  1. Interaksi sosial: Dalam dunia komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untung membangun hubungan atau relasi. Bahkan media sosial membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan global. Media sosial mempermudah kita untuk berinteraksi dimana pun kita berada.
  2. Media penghibur: saat ini sudah banyak jenis media sosial sebagai media penghibur, salah satunya YouTube. Kita dapat mencari berbagai hal untuk menghibur diri kita. Mulai dari cerita-cerita lucu maupun gambar-gambar lucu. Berbagai hal menarik dapat kita cari dalam jejari g sosial untuk menghibur kita.
  3. Media informasi: kita dapat mengunggah berita-berita terkini pada Jaringan internet untuk membantu kita mendapatkan banyak informasi. Tidak hanya berita-berita, namun informasi lainnya dapat menjadi wadah pengetahuan.
  4. Menggali kreativitas: Beragam bentuk media sosial yang ada dapat digunakan oleh kita untuk menggali kreativitas serta mengekspresikan dirinya misalnya dengan menulis artikel atau berbagi pengalaman di blog.

Walaupun media sosial memiliki banyak manfaat, media sosial juga memiliki dampak buruk terhadap penggunanya yang berlebihan

  1. Kurangnya interaksi secara langsung: media sosial terlalu mempermudah kita untuk berinteraksi dalam dunia maya sehingga kita melupakan ada nya interaksi langsung terhadap mayarakat sekitar. Terlalu sering menggunakan media sosial juga dapat membuat kita lupa waktu dan lupa terhadap lingkungan sekitar.
  2. Kesehatan akan menurun: banyak dari pengguna media sosial yang lupa waktu, bahkan ada yang sampai kecanduan. Ada beberapa orang yang terlalu sering bermain media sosial hingga begadang sampai larut malam. Ada juga beberapa orang yang sampai lupa untuk makan. Hal tersebut tidak baik karena dapat menimbulkan datangnya penyakit.a
  3. Menimbulkan efek candu bagi penggunanya: media sosial memang sangat menyenangkan sehingga dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Hal tersebut dapat membuat para penggunanya sulit untuk berpisah dari media sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Media sosial memang memiliki banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi penggunaannya yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk terhadap para penggunanya. Kita sebagai para penggunanya harus ingat waktu dan lingkungan sekitar agar tidak terpengaruh oleh media sosial tersebut.

By: Tasya Rezwini


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close