People Innovation Excellence

Komunikasi Massa

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dan diproses atau diterima melalui  pancera indra ke otak.Manusia merupakan makhluk sosial yang pasti tidak akan pernah lepas dengan komunikasi karena selalu berinteraksi antara satu dengan makhluk hidup lainnya ,dapat dilakukan dalam individu maupun kelompok.. Salah satu konteks komunikasi ialah komunikasi massa yang berarti sebuah bentuk komunikasi yang memiliki jumlah komunikator yang banyak.

Komunikasi massa merupakan proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak yang  dapat mempengaruhi dan mencerminkan kebudayaan suatu masyarakat .Oleh karena itu media menjadi salah satu institusi yang kuat di masyarakat Komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa seperti Koran,majalah,televisi maupun radio.

Komunikasi massa bersifat heterogen karena menyediakan acara khusus yang dituju kepada dewasa ,remaja maupun anak-anak.Pesan yang didapat dari komunikasi massa bersifat umum karena dituju kepada umum dan demi kepentingan umum.Komunikasi massa berlangsung dengan satu arah jadi komunikator harus melakukan perencanaan dan persiapan agar dapat diterima.Komunikasi massa menimbulkan keserempakan.

Komunikasi massa memiliki beberapa fungsi seperti.kita dapat menerima maupun menyebarkan informasi yang ada.Media massa menyediakan informasi beserta interpretasi akan suatu peristiwa.Media massa menghubungkan unsur yang ada.Seseorang dapat mempelajari nilai nilai melalui media massa.dan yang terakhir media massa juga memberi hiburan seperti kita dapat membaca cerita-cerita pendek yang ada di majalah maupun informasi atau gossip gossip terkini.

Menurut kapler (1960) komunikasi memiliki efek seperti menyebabkan perubahan yang diinginkan maupun tidak,memperlancar atau mencegah perubahan dan memperkuat nilai,norma dan ideology yang ada..

Komunikasi massa dapat membantu kita untuk menjadi lebih baik dalam berkomunikasi .Komunikasi massa ditujukan kepada khalayak dan khalayaklah yang dapat menerima dan mengimplementasikan pesan pesan dari berbagai informasi yang diterima.

Source: https://www.slideshare.net/AnisaRochmiana/makalah-komunikasi-massa


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close