People Innovation Excellence

Menjadi Pengguna Media Sosial yang Cerdas

Kemajuan teknologi informasi komunikasi saat ini membuat kita bisa menyampaikan atau memperoleh informasi di media sosial (medsos) dengan mudah dan cepat. Medsos merupakan media, dimana penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi (konten). Medsos  paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia adalah blog, jejaring sosial dan Wikipedia.

Kita dengan mudah bisa mendapatkan informasi, namun informasi itu bisa memberikan dampak positif atau negatif. Untuk itu, setiap kali kita menggunakan medsos, kita harus memikirkan terlebih dahulu apa tujuannya. Ketika ada berita-berita yang masuk, kita harus memilihnya, mana yang benar, salah, atau bohong.

Kehadiran medsos, yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan keseharian, dapat mengubah pola pikir penggunanya. Medsos memberikan dampak yang sangat besar. Dampak positifnya kita mendapatkan aneka informasi yang belum banyak diketahui orang, dan bisa disosialisasikan kepada banyak orang dalam waktu yang singkat. Namun ada pula dampak negatif yakni medsos  dapat menghabiskan waktu produktif. Selain itu, menyimpan data yang terlalu pribadi di medsos dapat menimbulkan kriminalitas dan memancing kejahatan. Medsos dapat menjadi sasaran empuk bagi mereka yang ingin menebarkan kebencian dan kejahatan dengan menyebarkan berita bohong atau hoax.

Sebagai anggota masyarakat di Indonesia kita harus cerdas memilih informasi yang ada di medsos. Jangan sampai mudah tertipu dengan berita-berita hoax atau yang belum jelas kebenarannya. Jangan mudah terprovokasi oleh ujaran kebencian yang ada di medsos, dan kita harus menyaring terlebih dahulu dalam memilih atau mempercayai sebuah berita. Selain itu, sebaiknya jangan menyimpan data pribadi di medsos, karena dapat memancing kriminalitas atau kejahatan. Informasi pribadi kita disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Dalam menggunakan medsos, kita harus cerdas  memilih, menyaring, dan membagikan  informasi. Apa yang kita tulis adalah cerminan dari diri kita sendiri.

By:  Alyssa Tianri Nitama / 2001625351


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close