Tanggal 2-5 Mei 2017, mahasiswa Communication Department Binus University berkesempatan melakukan kegiatan kunjungan industri ke Singapore.  Salah satu rangkaian kegitan dengan tema “Enhance Networking through International Experience in Singapore” ini adalah melakukan kunjungan Industri ke salah satu kantor pemasaran produsen PC terbesar se-Asia Pasifik, Lenovo S Pte di Singapura.

Pada kunjungan industri kali ini, pada mahasiswa dan dosen Communication Department disambut oleh Ms. Kaylie Wong selaku Marketing Manager Lenovo untuk wilayah Asia Pacific. Kunjungan industri kali ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana perusahaan global melakukan Marketing Communication Strategy dan Branding Strategy. Presentasi yang dilakukan oleh Ms. Kaylie Wong, menekankan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Lenovo dalam membentuk brand awareness produk serta strategi branding dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu contoh kasus produk yang dipaparkan adalah brand Motorola, yang telah di akuisisi oleh Lenovo, mengusung produk terbaru mereka dengan tagline #hellomoto.

Disela-sela sesi presentasi dan tanya jawab, Ms. Kaylie Wong memaparkan mengenai pentingnya analisis pasar setiap regional atau negara tujuan pemasaran sebelum merencanakan strategi komunikasi pemasaran. Termasuk didalamnya adalah perencanaan strategi platform dan konten media sosial yang akan digunakan untuk membentuk awareness konsumen mengenai produk. Dijelaskan juga bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar dari Lenovo setelah India. Ini yang menjadikan Lenovo menerapkan strategi yang berbeda untuk pasar Indonesia dibandingkan negara lainnya.

Tujuan kunjungan industri ini adalah untuk memberi wawasan serta perspektif praktis kepada mahasiswa tentang dunia kerja terutama pada perusahaan global. Kunjungan industri merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan industri dan mengetahui lebih banyak tentang lingkungan industri. Kunjungan industri membantu menggabungkan pengetahuan teoritis dengan pengetahuan industri.