Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan generasi Z, kelompok yang lahir pada rentang tahun 1997 hingga 2012. Platform seperti Instagram, TikTok, dan Twitter tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga memengaruhi cara mereka berkomunikasi. Dampaknya meluas, baik dalam konteks positif maupun negatif.

Secara positif, media sosial memungkinkan generasi Z untuk terhubung dengan individu dari berbagai latar belakang budaya dan geografis. Mereka dapat saling berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman melalui fitur seperti pesan langsung, komentar, atau unggahan. Kemampuan ini memperluas wawasan serta meningkatkan keterampilan komunikasi digital mereka.

Namun, dampak negatif juga tidak dapat diabaikan. Ketergantungan pada media sosial sering kali mengurangi kualitas komunikasi tatap muka. Generasi Z cenderung merasa canggung atau kurang percaya diri saat harus berbicara langsung. Selain itu, pola komunikasi yang singkat dan informal di media sosial dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam menyusun kalimat yang jelas dan terstruktur secara formal.


Lebih jauh, eksistensi budaya “like” dan “followers” memicu perilaku pencitraan yang tidak autentik. Banyak individu dalam kelompok ini yang merasa perlu menyesuaikan diri dengan standar sosial tertentu, sehingga komunikasi mereka menjadi kurang jujur dan lebih terarah pada pencitraan diri.

Oleh karena itu, penting bagi generasi Z untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang seimbang, baik secara digital maupun interpersonal. Dengan demikian, mereka dapat memanfaatkan media sosial secara optimal tanpa mengorbankan kualitas komunikasi langsung.

 

Referensi:

Putri, N. R. (2023). *Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap kecenderungan perilaku “alone together” pada generasi Z di Kota Salatiga*. Universitas Kristen Satya Wacana. [https://repository.uksw.edu/](https://repository.uksw.edu/).

Universitas Pendidikan Indonesia. (2023). *Peran perilaku komunikasi interpersonal generasi Z dalam pemanfaatan media digital*. [https://journal.upi.edu/](https://journal.upi.edu/).