Manusia merupakan makhluk sosial yang bisa berinteraksi dengan satu sama lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa manusia tidak bisa hidup secara individual namun kita pasti membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Seperti di tempat kerja, kita pasti membutuhkan komunikasi untuk mengerjakan pekerjaan kita. Komunikasi memiliki peran sebagai penghubung relasi antar rekan kerja yang biasanya dilakukan secara interpersonal atau komunikasi dua orang atau lebih.

Sebelum kita membahas pentingnya Komunikasi Interpersonal di tempat kerja, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Komunikasi Interpersonal. Komunikasi Interpersonal adalah sebuah proses dimana individu antara individu berkomunikasi dengan adanya pertukaran informasi, pendapat, dan mengekspresikan perasaan secara verbal dan non verbal dengan secara langsung atau secara digital. Komunikasi ini memiliki umpan balik antar individu yang prosesnya segaia tanggap menganggapi satu sama lain. Komunikasi interpersonal dapat diidentifikasikan sebagai soft skill untuk mengetahui seberapa baiknya seorang individu dalam berkomunikasi dengan sesama lain. Komunikasi Interpersonal membangun ikatan sosial yang sangat penting dalam kelompok sosial manapun, termasuk tempat kerja. Hal seperti membuat kesepakatan penting, dan kerja sama antar masyarakat dibuat oleh Komunikasi Interpersonal. Individu yang ada di komunikasi pun memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan hal tersebut dapat mempengaruhi efektivitas dari komunikasi.

Selain itu Komunikasi Interpersonal juga sangat berpengaruh besar di dalam tempat kerja, komunikasi adalah wadah atau nafas dari setiap organisasi yang akan berjalan, bila organisasi yang akan berjalan tersebut tidak menerapkan komunikasi interpersonal yang baik, maka organisasi tersebut tidak akan bisa berjalan, ini terhubung terhadap pentingnya Komunikasi Interpersonal di tempat kerja yang mana bila karyawannya tidak menerapkan komunikasi tersebut dengan baik, maka sudah dapat dipastikan bahwa tempat kerja tersebut tidak akan bisa berkembang dan maju.

Seperti yang dibahas sebelumnya, Komunikasi Interpersonal merupakan hal yang cukup penting di tempat kerja. Ada beberapa hal yang membuatnya sangat penting :

Р Kepercayaan : Jika kita mengetahui bahwa pesan yang disampaikan oleh komunikator jelas dan terpercaya, kita sebagai komunikan juga merasa nyaman untuk menerima informasi tersebut karena informasi tersebut valid.

– Budaya perusahaan : Budaya perusahaan adalah hal yang membentuk dan sebagai pengarahan bagi para karyawannya. Hal ini hanya dapat diterima secara melalui komunikasi interpersonal.

 

– Miskomunikasi : Hal ini biasanya terjadi karena komunikator dan komunikan tidak satu pemahaman sehingga pesan yang ada di komunikasi tersebut menjadi tidak jelas. Maka dari itu, komunikasi interpersonal dibutuhkan untuk membuat pesannya lebih jelas agar komunikator dan komunikannya satu pemahaman.

– Manajemen yang efektif dan maksimal : Sebagai manajer merupakan peran yang sangat penting di sebuah perusahaan dan komunikasi interpersonal hal yang sering dipakai oleh manajer. Komunikasi interpersonal di posisi manajer adalah untuk mengatur para karyawan agar mereka beroperasi secara efisien sehingga perusahaanya bisa mencapai targetnya.

– Satu pemahaman dengan tujuan bisnis : Sebuah perusahaan pastinya memiliki target yang ingin dicapai agar perusahaan tersebut bisa besar dan sukses. Dengan komunikasi interpersonal, kita bisa memberikan tujuan perusahaan tersebut kepada karyawan-karyawannya agar target tersebut bisa tercapai.

Komunikasi interpersonal sangat penting di dunia kerja karena hampir dari semua pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi. Semua pekerjaan pasti terjalan lancar jika komunikasi tetap berjalan dan memberikan hasil yang cukup baik. Dengan itu komunikasi yang positif juga sangat disarankan agar ikatan antar rekan kerja tidak saling merugikan

Referensi:

Mangundjaya, W. L. (2022). PSIKOLOGI KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA. Jakarta: Penerbit Qiara Media.