Peran teknologi dalam komunikasi sangat besar, informasi yang dikomunikasikan mengalir lancar, cepat, dan menyebar ke berbagai penjuru dunia tanpa batas. Sehingga kita tidak harus menunggu dalam jangka waktu yang lama untuk mendapatkan informasi. Tanpa adanya teknologi dalam komunikasi, kita akan kesulitan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan menggali informasi-informasi secara instan

Dengan hadirnya teknologi dalam komunikasi, memberi kita segudang manfaat yang sangat terasa di kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  1. Mendapat segudang informasi yang bisa digunakan dalam sehari-hari. Misalnya, mencari tutorial memasak dari youtube yang mudah diikuti karena ada penjelasan serta langkah memasaknya.
  2. Memperluas wawasan dalam dunia pendidikan. Misalnya, kita bisa mengakses informasi yang bisa memperluas wawasan kita dan belajar lebih banyak pengetahuan.
  3. Memperbanyak koneksi. Misalnya, kita bisa mendapatkan koneksi dari sosial media yang paling sering digunakan oleh manusia sekarang ini.
  4. Mempermudah berkomunikasi jarak jauh. Misalnya, kita sudah bisa berkomunikasi dua arah tanpa harus melakukan pertemuan secara fisik atau online, menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, Zoom meeting, Gmeet, dan sebagainya yang bisa mempermudah kita melakukan komunikasi jarak jauh.
  5. Mempermudah untuk mengekspresikan kreativitas dan bisa diakses oleh semua orang. Misalnya, sekarang kita bisa dengan mudahnya menjadi star atau selebgram, hanya dengan cara membuat konten di sosial media (Instagram, Tiktok, Twitter, dan YouTtube)

Selain mempunyai segudang manfaat, tidak lupa dengan dampak yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi. Jika kita tidak cermat menggunakannya, hal tersebut dapat menjadi senjata yang berbalik ke arah kita. Di antara dampak negatif dari teknologi komunikasi:

  1. Kurangnya literasi. Karena kita mendapatkan informasi dengan instan, maka kita semakin jarang atau malas untuk membaca dan mencari informasi dari buku. Sedangkan, jika kita terus menerus mendapatkan informasi dari internet, maka akan rentan mendapatkan informasi hoax dan menyimpang. Di internet, kita bisa sebebas mungkin menulis tetapi bukan berarti semuanya benar adanya.
  2. Rentan peretasan dan pencurian data privasi. Sejak adanya internet, kemungkinan adanya pencurian data semakin besar karena hadirnya hacker yang bisa meretas dan mencuri berbagai informasi data pribadi.
  3. Mengurangi semangat belajar pada anak-anak sekolah atau kuliah. Hal tersebut terjadi karena kita mengakses informasi dengan sangat mudah. Maka, terjadilah copy-paste atau plagiarisme. Kita bisa mendapatkan informasi dengan cara dimengerti, diresapi maknanya, dan ditulis dengan kata-kata sendiri. Sehingga bisa terhindar dari plagiarisme.

Itulah perkembangan teknologi dalam komunikasi. Jika kita menggunakan dengan cermat, maka kita akan semakin diperkaya dengan ilmu pengetahuan dan informasi dari teknologi komunikasi. Jadi, pakailah teknologi dengan bijak yang bisa membuat diri semakin maju dan up to date.

References

Anwar, I. C. (2021, March 1). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tirto.ID. Retrieved November 29, 2022, from https://tirto.id/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-gaJs

Azizah, L. N. (n.d.). Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi. Gramedia. Retrieved November 29, 2022, from

BINUS UNIVERSITY. (2018, March 6). Pengaruh Teknologi dan Media Komunikasi – Communication. Communication – BINUS UNIVERSITY. Retrieved November 29, 2022, from https://communication.binus.ac.id/2018/03/06/pengaruh-teknologi-dan-media-komunikas i/

BAKTI – Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi di Era Digital. (2019, May 10). BAKTI Kominfo. Retrieved November 29, 2022, from https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/dampak_positif_dannegatif_perk embangan_teknologi_komunikasi_di_era_digital-806

Kurnia, A. (2021, November 8). Pentingnya Peranan Teknologi Dalam Komunikasi. Hipwee. Retrieved November 29, 2022, from https://www.hipwee.com/narasi/pentingnya-peranan-teknologi-dalam-komunikasi/

Suryadi, S. (2015, September). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan, 3. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/219