Teknologi dan digitalisasi saat ini berkembang dengan sangat pesat (setiawan, 2017). Hal ini  juga berdampak pada gaya manusia dalam berkomunikasi. Beragam aplikasi telah diciptakan untuk mempermudah komunikasi. Dengan aplikasi-aplikasi yang telah diciptakan, manusia tidak lagi harus bertemu untuk sekedar bercengkrama. Manusia dengan mudah dapat menggunakan fitur-fitur dari aplikasi yang sudah diciptakan. Alasan saya membuat artikel ini adalah, karena pada era saat ini, manusia sangat mengandalkan teknologi digital untuk berkomunikasi. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu digitalisasi dan apa itu komunikasi, manfaat dari digitalisasi dalam komunikasi, apa saja dampak positif dan dampak negatifnya, bagimana kita sebagai manusia harus bijak dalam menyikapi digitalisasi dalam komunikasi.

 

Proses transisi dari teknologi manual ke teknologi serba digital adalah definisi dari digitalisasi (Digitalisasi adalah Proses Fundamental di Era Modern, Simak di Sini!, 2022). Pertukaran pesan, berita, atau informasi antara dua orang atau lebih adalah definisi dari komunikasi (Mulachela, 2022). Dapat disimpulkan bahwa definisi dari digitalisasi dalam komunikasi adalah Proses transisi pertukaran pesan antara dua orang atau lebih dari yang tadinya melalui teknologi manual, kini menjadi teknologi yang serba digital. Menurut saya, digitalisasi dalam komunikasi mendatangkan berbagai macam kemudahan bagi manusia dalam komunikasi sehari-hari. Dapat berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Aplikasi-aplikasi seperti Whatsapp, Line, Zoom, dan masih banyak lagi sangat membantu manusia dalam komunikasi. Digitalisasi dalam komunikasi juga dapat memudahkan para pengajar dalam menyalurkan pelajaran yang ingin disampaikan. Para pengajar kini dapat menggunakan Youtube, Powerpoint, dan aplikasi lainnya untuk mempresentasikan materinya. Manfaat selanjutnya dari digitalisasi dalam komunikasi adalah menghemat waktu dan tenaga. Selanjutnya ada beberapa dampak positif dari digitalisasi dalam komunikasi. Yang pertama adalah pemerintah semakin mudah menyampaikan informasi kepada masyarakat. Pemerintah dapat menyalurkan informasinya melalui aplikasi sosial media seperti Instagram, Tiktok, dan masih banyak lagi. Masyarakat juga lebih mudah untuk menerima suatu informasi melalui aplikasi-aplikasi sosial media. Meskipun banyak sekali dampak positif yang ditimbulkan dari digitalisasi dalam komunikasi, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan. Yang pertama, kurangnya daya tarik untuk bertemu secara langsung (Ratnaya, 2011). Tentunya ini adalah sebuah dampak negatif karena sebagai manusia sudah sepatutnya kita bersilaturahmi terhadap sesama. Kedua, adanya cyber bullying di dalam sosial media. Pengguna aplikasi sering kali mengeluarkan komentar yang tidak seharusnya kepada posting-an pengguna sosial media lainnya, hal ini dapat merusak kesehatan mental. Bagaimana kita sebagai manusia cerdas menyikapi digitalisasi dalam komunikasi dengan bijak? Pertama, memilih dan mengambil yang baik dari digitalisasi dan membuang yang buruk. Jadikan hal baik dalam digitalisasi sebagai acuan untuk bagaimana sepatutnya kita bersikap. Kedua, tidak menyalahgunakan teknologi digital dalam berkomunikasi. Ketiga, terus beradaptasi seiring berkembangnya digitalisasi dalam komunikasi.

 

Digitalisasi dalam komunikasi adalah hal yang wajib diwaspadai. Digitalisasi dalam komunikasi mendatangkan hal positif dan hal negatif. Kita sebagai manusia wajib menggunakan teknologi digital dengan bijak dalam berkomunikasi. Sebaiknya, pelajari tata cara penggunaan teknologi digital dalam berkomunikasi. Dengan cara itu, Anda akan paham dan tidak menyalahgunakannya.

 

Referensi:

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 1-2.

Digitalisasi adalah Proses Fundamental di Era Modern, Simak di Sini! (2022, Agustus 12). Retrieved from Verihubs: https://verihubs.com/digitalisasi-adalah/

Mulachela, H. (2022, Januari 12). Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, dan Tujuannya Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, dan Tujuannya” , https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de8d9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujua. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de8d9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujuannya

Ratnaya, I. G. (2011). DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI DAN CARA ANTISIFASINYA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23-25.