Siapa yang tidak tahu kata “healing”? Tentu hampir semua orang di jaman sekarang paham akan arti kata tersebut. Healing biasa digunakan untuk menggambarkan penyembuhan diri dari banyaknya tekanan dari berbagai aspek, tak terkecuali tekanan pekerjaan. Healing sebenarnya bentuk kata lebih modern dari refreshing. Hanya saja healing bermakna lebih dalam dan lebih terfokus pada kesehatan psikologi seseorang.

Tekanan dalam lingkungan sekitar juga berpengaruh pada kesehatan baik jasmani maupun rohani, termasuk tekanan dalam pekerjaan. Penyebab tekanan pekerjaan terasa sangat berat bisa dikarenakan oleh lingkungan pekerjaan yang tidak kondusif dan tidak nyaman baik dari kolega kerja hingga lingkungan tempat kerja yang tidak nyaman dan tidak memenuhi kebutuhan. Selain itu tidak hanya dari lingkungan kerja saja, masalah yang terjadi di luar lingkungan kerja juga berpengaruh pada tingkat stres yang dimiliki.

Dengan tingkat stres yang lebih tinggi, pekerjaan kantor yang sebelumnya biasa saja akan terasa lebih sulit dikerjakan dan lebih berat. Kesehatan fisik juga berpengaruh pada kemampuan seseorang menghadapi tekanan pekerjaan. Dengan kondisi fisik yang lemah akan mengurangi kemampuan fisik untuk bekerja, sehingga hasil kerja tidak maksimal. Tekanan pekerjaan akan terasa jauh lebih berat dengan kondisi fisik yang tidak memenuhi.

Ciri-ciri tekanan kerja terasa berat secara psikologi adalah timbulnya rasa stres berlebihan hingga depresi dan berbagai masalah kesehatan mental lainnya akibat tekanan yang berat dari berbagai aspek. Sedangkan secara fisik dapat timbul sakit kepala, kesulitan tidur, masalah lambung hingga diare dan konstipasi, dan penyakit lainnya akibat kurangnya waktu untuk merawat dan memperhatikan diri sendiri.

Perilaku seseorang juga akan terpengaruh seperti mudah marah, lebih sering absen, kurangnya ide-ide kreatif, mengisolasi diri dan berbagai macam hal lainnya. Dimana ketiga hal tersebut saling terhubung dan saling berpengaruh. Jika anda sudah merasakan gejala tersebut, maka disarankan untuk mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk menghadapi tekanan kerja yang berat:

  1. Pahami Situasi Kantor

Mulailah memahami situasi dan pekerjaan kantor lebih dalam dan lakukan perubahan kecil dalam aktivitas kerja anda yang dapat mempengaruhi dan mengurangi level tekanan kerja yang ada.

2. Bicarakan masalah dengan HRD di kantor

Bicarakan masalah ini pada human resources manager anda dan cari solusi untuk kepentingan bersama. Dengan mencari solusi bersama dengan human resources manager di perusahaan anda, setidaknya anda dapat memberitahukan keluh kesah yang sedang anda alami dan mendapatkan solusi yang terbaik.

3. Menyeimbangkan waktu bekerja dengan aktivitas sehari-hari

Seimbangkan jadwal dalam aktivitas keseharian anda antara pekerjaan, sosial, dan me time. Dengan menyeimbangkan waktu, anda dapat lebih mudah memperhatikan diri dan menjaga kesehatan. Dengan menyeimbangkan aktivitas bekerja dan melakukan hal yang disukai seperti hobi dapat meringankan beban pikiran yang sudah menumpuk di aktivitas dalam pekerjaan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga rutin yang menyenangkan.

4. Curhat kepada orang terdekat

Cobalah berbagi cerita dengan teman dekat atau keluarga. Dengan begitu akan membantu mengurangi beban pikiran yang anda miliki. Di lansir dari artikel bola.com mengatakan bahwa dengan curhat, dapat meringankan beban pikiran dan membuat perasaan menjadi lega. Perasaan lega tersebut dapat memberikan efek kesehatan untuk tubuh. Meskipun curhat terlihat sepele, namun itu baik untuk kesehatan mental dan fisik.

5. Mencari peluang pekerjaan baru bila memang tidak cocok

Jika dirasa stres mulai muncul akibat pekerjaan, maka coba pikirkan kembali apakah tempat kerja, job description, dan jenis pekerjaan yang anda miliki sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. Jika dirasa tidak sesuai maka sebaiknya anda dapat mencari pekerjaan lainnya yang lebih cocok.

Sekarang kita tahu bahwa tekanan pekerjaan yang berat dapat dipengaruhi baik lingkungan eksternal dan internal. Tekanan kerja yang berat dan tidak sesuai juga dapat mempengaruhi kita baik secara fisik, psikologi, dan perilaku kita dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu perlu untuk memahami penyebab tekanan kerja terasa berat untuk dapat menentukan solusi penyelesaiannya sehingga hasil kerja dapat lebih maksimal dan meningkatkan kualitas hidup kita. Semoga penjelasaan diatas diharap dapat membantu anda dalam meringankan tekanan pekerjaan yang ada dan memberikan wawasan terkait dunia kerja bagi anda yang belum dan akan bekerja.

Referensi :
https://www.bola.com/ragam/read/4905910/manfaat-curhat-bagi-kesehatan-mental-tak-hanya-meringankan-beban-pikiran

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/work-related-stress

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pangkalanbun/baca-artikel/13939/Self-Healing-

Bagaimana-Diri-Mengobati-Luka.html#:~:text=Tujuan%20dari%20self%20healing%20sendiri,dan%20trauma%20di%20masa%20lalu.