Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tidak bisa lepas dari komunikasi, karena komunikasi merupakan bagian terpenting dari interaksi manusia dan pasti akan terjadi. Karena manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia saling membutuhkan untuk saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu, komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah komunikasi interpersonal. Dan komunikasi interpersonal itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal.

Komunikasi interpersonal sangat penting untuk kita pelajari karena hampir semua aspek dalam kehidupan kita membutuhkan komunikasi. Hubungan yang kita bangun dengan orang lain baik itu teman, tetangga, atau keluarga semua bergantung pada keterampilan komunikasi kita untuk terlibat dalam percakapan yang memuaskan atau tidak memuaskan. Bahkan kedekatan kita dengan orang lain dapat dikembangkan, dipelihara, atau dihancurkan melalui interaksi interpersonal kita. Tidak hanya itu, dalam dunia bisnis, kemampuan komunikasi sangat penting untuk menunjukkan kesuksesan profesional kita. Karena keterampilan komunikasi verbal sangat penting digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi secara langsung kepada khalayak untuk menginformasikan maksud atau tujuan kita. Sedangkan komunikasi nonverbal berfungsi untuk meyakinkan apa yang kita ucapkan, untuk menunjukkan perasaan atau emosi yang tidak dapat diungkapkan dengan bahasa atau kata-kata, dan untuk menunjukkan identitas diri. Oleh karena itu, komunikasi verbal dan nonverbal saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Komunikasi verbal dan nonverbal bekerja sama dalam menafsirkan perilaku. Sehingga dapat terbentuk pemahaman yang benar.

Dengan mempelajari komunikasi interpersonal yang baik, kita dapat memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu, dapat menghindari konflik yang terjadi dalam keluarga maupun yang terjadi dalam masyarakat luas. Karena salah satu tujuan dari komunikasi interpersonal adalah untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi di masyarakat. Komunikasi merupakan satu-satunya solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Komunikasi sangat efektif dalam mempermudah seseorang dalam memahami suatu pesan atau informasi, sehingga permasalahan yang kompleks seperti kesalahpahaman dapat dicegah dengan komunikasi interpersonal yang baik.

Manfaat lain yang didapat yaitu kita dapat membangun hubungan dengan orang lain, seperti bertukar pikiran, informasi dan keterampilan. Serta dapat membangun sikap saling menghargai dan belajar mempertimbangkan pendapat dan saran orang lain. Kita juga bisa mengekspresikan diri kita kepada orang lain dengan baik agar tidak menimbulkan kesalahpahaman yang berdampak negatif. Oleh karena itu, kita harus mempelajari komunikasi interpersonal dengan baik karena cara kita berkomunikasi akan menentukan bagaimana orang lain menilai kita secara pribadi. Penilaian orang lain terhadap kita akan membentuk identitas diri dan konsep diri. Sehingga kita tidak bisa menganggap komunikasi interpersonal sebagai masalah yang sepele atau tidak penting.

Dengan berbagai penjelasan di atas, saya sebagai penulis berharap agar generasi muda tidak memandang rendah komunikasi interpersonal. Kita harus bersungguh-sungguh dalam mempelajari komunikasi interpersonal yang baik dan benar.