My Experience in Kominfo

Sebagian dari mahasiswa Binus University diwajibkan mengikuti program 3+1, salah satunya adalah magang saat semester 5. Tujuan dari program 3+1 tersebut adalah agar supaya mahasiswa Binus University dapat mendapatkan pengalaman-pengalaman dari dunia kerja dan untuk mempersiapkan diri di dunia kerja setelah lulus.

Salah satu dari mahasiswa Binus, Ananda Yuniarta yang sedang melakukan magang membagikan pengalamannya selama bekerja Kementrian Komunikasi dan Informatika selama 4 bulan. Ia bekerja dibagian pusat kelembagaan Internasional.

Sebelum Ia bekerja untuk Kementrian Komunikasi dan Informasi, Ia melamar kerja di beberapa perusahaan tetapi berakhir Kementrian Komunikasi dan Informasi. Persiapan sebelum Ia memulai magang ialah, dokumen-dokumen yang dibutuhkan, persiapan mental, dan pengetahuan-pengetahuan mengenai pekerjaan yang bersangkutan.

Hari pertama saat Ia memulai magang, pastinya Ia merasa gugup dan bahagia karena Ia merasa dunia kerja akan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman yang bisa digunakan dimasa depan. Selama Ia magang di Kementrian Komunikasi dan Informasi, Ia sudah melakukan beberapa pekerjaan, seperti mengadakan pertemuan bersama para Mentri Republik Indonesia, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Sekretariat Negara Badan Inteligen Nasional, dan lain-lain. Selain itu, Ia juga membahas tentang “21st Cairo Exhibition”, menulis surat-surat, mendata pengeluaran perjalanan dinas, dan lain-lain. Selama Ia magang, Ia telah mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai dunia Kementrian.