Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial mengubah strategi pemasaran brand atau perusahaan. Dengan munculnya banyak digital platform, bisnis bisa mempromosikan produk atau jasanya. Strategi tersebut adalah digital campaign atau kampanye digital. Karena fleksibel dan dapat mencapai audiens manapun, maka cara ini sangatlah efektif. Akan tetapi, untuk merencanakan digital campaign kita butuh peran dari media planner specialist. Di balik kampanye yang sukses, pasti ada media planner specialist.

Dalam membuat digital campaign, media planner specialist harus melakukan riset mengenai target pasar dan target audiens, menganalisis kompetitor, mengelola budget kampanye, dan mengevaluasi performance kampanye. Begitu juga, memutuskan platform digital mana yang cocok untuk meluncurkan kampanyenya. Dengan hal tersebut media planner specialist harus bisa memilih media yang tepat seperti media sosial, website dan aplikasi media sosial yang paling sering digunakan di era sekarang (Instagram, TikTok atau Twitter) mereka harus bisa menganalisa perkembangan diantara tiga aplikasi tersebut seperti apa agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Melakukan kampanye digital melalui media sosial sangatlah penting di era sekarang karena jangkauannya jauh lebih luas untuk menjangkau audiens dengan cara cepat dan efisien, konten yang ingin disampaikan kepada audiens juga bisa jauh lebih beragam seperti konten-konten kreatif dan meningkatkan brand awareness karena mudah disebarkan oleh para audiens. Maka dari itu dengan semua keuntungan ini, menggunakan media sosial sebagai kampanye digital dan menjadi media planner specialist sangatlah penting dalam strategi pemasaran modern.