Glossary

Audience Share

Banyaknya jumlah pemirsa yang dimiliki oleh setiap stasiun TV untuk seluruh programnya. Audience share dihitung dan disurvei oleh Lembaga riset media independen yaitu Nielsen Media Research. Data tentang audience share di semua stasiun TV diterbitkan setiap minggu. Secara umum, RCTI menempati posisi pertama audience share dibandingkan semua stasiun TV.

TV share Prosentase jumlah pemirsa yang menonton satu saluran tertentu, dari jumlah seluruh pemirsa yang menonton tv saat itu. Peningkatan TV share sebuah stasiun TV ditentukan oleh inovasi, kreatifitas program dan momentum.

Audience

Audiens. Public atau khalayak yang menjadi target sasaran dalam kegiatan komunikasi. AUDIENSI adalah kegiatan kunjungan/perkenalan ke suatu organisasi.

Adlib

Penyebutan atau pembacaan sebuah merek-sebagai sponsor oleh pembawa acara(MC). Ad-lib tidak tercantum dalam susunan acara, karena bentuk kompensasi tambahan untuk sponsor.

Advertising

Kegiatan menarik perhatian public untuk membeli barang atau jasa melalui media. Periklanan adalah salah satu Teknik pemasaran disampin: kegiatan PR, penjualan dan sales promotion.

Dalam periklanan ada tiga pihak saling terkait yaitu : penguklan – biro media – media.

Di Indonesia, bisnis periklanan mulai merebak di tahun 1970an, salah satunya karena peran TVRI sebagai stasiun TV satu-satunya milik pemerintah saat itu dengan acara “Manasuka Siaran Niaga”. Dunia periklanan sangat erat kaitannya dengan kegiatan PR, sehingga Al Ries dalam bukunya “The Fall of Advertising and The Rise of PR” menegaskan bahwa strategi beriklan akan lebih berdaya gun ajika digabungkan dengan strategi PR.

Kegiatan periklanan membutuhkan materi iklan sebagai sarana, dan media massa sebagai wahana agar pesannya diterima oleh khalayak.

Profesi yang berperan dalam periklanan:

  • Pembina Usaha (Client Service/Account Executives)
  • Kreator Iklan (Creatice/Art Director)
  • Pembuat Naskah (Copy Writer)
  • Juru foto dan video (Fotografer, Cameramen)
  • Desainer iklan (Graphic Designer, Visualizer)
  • Paska produksi (Music/Video editor)
  • Perencana media (Media planner/buyer)

Advertorial

Iklan dengan naskah seperti berita, berisi informasi kegiatan organisasi atau produk. Disebut juga iklan pariwara. Pemuatannya di media massa dilakukan oleh biro iklan, yang menyusun naskah dan visual dengan persetujuan pengiklan. Isi advertorial biasanya adalah:

  1. Profil perusahaan
  2. Peluncuran produk baru
  3. Kegiatan sosial/korporat
  4. Program dan pelayanan baru

Above-the-line

Kegiatan periklanan lini atas dengan menggunakan pemasangan iklan di media massa. Pembuatan dan pemasangan iklan di media massa dilakukan oleh biro iklan. Dari segi biaya, kegiatan ATL membutuhkan biaya relatif tinggi khususnya biaya pemasangan iklan di TV.

1 40 41 42