Glossary

Breaking News

Berita terkini yang muncul pada sewaktu-waktu di media elektronik, dan menggeser program tetap yang sedang ditayangkan. Sifatnya penting karena adanya kejadian aktual yang bernilai berita.

Breakbumper

Tampilan yang muncul sebelum dan sesudah siaran program TV. Opening Break Bumper (OBB): jika ditayangkan sebelum program

Closing Break Bumper (CBB): ditayangkan setelah program isinya antara lain promosi program, iklan sponsor atau informasi untuk publik. Bentuknya still frame atau film, berdurasi sekitar 5-15 detik.

 

Brand Image

Citra sebuah merek yang melekat di benak konsumen. Brand image menjadi acuan dalam menetapkan strategi berikian dan pemasaran.

Produk atau jasa dengan brand image yang kuat akan membentuk konsumen yang loyal karena membuktikan kualitasnya.

Brand Activation

Merek adalah persepsi yang diciptakan oleh produsen untuk menanamkan identitas produk atau jasa kepada publik. Merek terdiri atas: nama, logo, simbol, slogan, warna dan desain yang melambangkan nilai, ide dan kepribadian. Sebuah merek juga simbol yang menyatu dengan keberadaan sebuah organisasi, produk atau jasa. Merek yang terkenal mudah dikenali publik.

Kegiatan membangkitkan, mengaktifkan pengenalan publik terhadap sebuah merek, melalui strategi periklanan yang kreatif dan inovatif. Brand activation tidak merubah brand image, namun melakukan pendekatan baru kepada publik sollingga konsumen mendapatkan pengalaman baru dari merek tersebut

Blocking Program

Program TV atau radio yang dibiayai 100% oleh pengiklan, sehingga judul/tema, isi acara dan pengisi acara ditentukan oleh pengiklan. Berdurasi antara 30 menit hingga 2 jam tergantung format. Frekuensi bias satukali tayang/episode atau dengansistem kontrak minimal 13 episode.

Below The Line

Kegiatan periklanan lini bawah, dengan menggunakan media promosi non media massa. Bentuk iklan Below-the-Line (BTL)

  • Billboard, balon udara
  • Point of sales: dispolay material, sampling
  • Exhibition
  • Sponsorship
  • Gimmick
  • Gift, give-aways
  • Mater promosi cetak: kalender, poster, majalah, brosur, stiker, dll

Iklan BTL melengkapi iklan ABL dalam sebyah kampanye periklanan.

Umtuk efisiensi biaya, banyak pengiklan hanya melakukan kegiatan BTL.

Perbedaan iklan ABL dan BTL:

  • Disbanding iklan ABL, biaya iklan BTL jauh lebih ekonomis
  • Menjangkau public yang lebih terbatas (segmented) secara geografis maupun psikografis
  • Iklan BTL banyak ragam bentuknya menyesuaikan lifestyle masyarakat

Media Expenditure

Adalah total anggaran yang dikeluarkan oleh pengiklan untuk kegiatan periklanan di semua media. Belanja iklan setiap tahun cenderung meningkat sekitar 20%.

Backdrop

Latarbelakang di panggung atau ruangan yang merupakan identitas acara dan sebagai perhatian audiens. Memuat informasi nama acara, waktu, tempat dan logo-logo.

Bentuk dan desainnya disesuaikan tema dan karakter acara. Backdrop acara seminar desainnya lebih formal disbanding backdrop special events

Materi backdrop bias terbuat dari:

  • Papan busa/Styrofoam yang dicat warna
  • Digital printing
  • Materi audio visual yang direfleksikan ke layer atau dinding ruangan

Awareness

Tingkat pengenalan atau pemahaman masyarakat terhadap sesuatu hal atau organisasi . Tinggi rendahnya awareness ditentukan oleh

  • Kegiatan PR
  • Kegiatan Pemasaran
  • Penambahan nilai produk/merk

Tingkat awareness diukur melalui penelitian/riset tertullis atu lisan/wawancara terhadapa sekelompok responden.

1 39 40 41 42