Glossary

Company Profile

Publikasi tentang profil perusahaan yang berisi informasi sbb: sejarah visi misi susunan direksi, dan SDM, produk atau jasa perusahaan, Iuasnya jaringan atau distribusi penghargaan dan prestasi (achievement), komitmen kepada masyarakat (social responsibility)

Bentuknya bisa berupa materi cetak juga Video presentasi (format atau DVD). Diberikan untuk relasi/klien, pers, instansi terkait yang membutuhkan.

Community Relations

Salah satu fungsi PR eksternal yaitu menjalin hubungan baik masyarakat sekitar. Tujuan community relations adalah meningkatkan dukungan partisipasi masyarakat melalui kegiatan vanq saling menguntungkan antara organisasi dengan komunitas.

Community Development

Kegiatan pemberdayaan atau pembangunan masyarakat. Sebagai tanggung jawab organisasi terhadap masyarakat di lingkungan dan masyarakat luas yang terkait dengan organisasi.

Kegiatan CD bertujuan agar masyarakat bersimpati dan memberi dukungan terhadap operasional organisasi. Karena itu harus dilakukan secara intensif dan berkelanjutan.

Bentuk kegiatan CD ditentukan setelah assessment terhadap karakter, aspirasi dan kebutuhan masyarakat sasaran.

Chroma-Key

Latar belakang set program di studio televisi , yang dengan teknologi komputer dapat dirubah menjadi visual tertentu seperti gedung perkantoran, arus lalu lintas, dll.

Chroma-key berwarna dasar biru atau hijau, sebaiknya para penampil tidak memakai kostum dengan dua warna tsb agar tidak overlapping.

Centerspread

Dua halaman paling tengah di majalah, buku atau tabloid yang didesain khusus sehingga merupakan satu kesatuan halaman. Isinya bisa artikel, iklan atau kumpulan foto.

Caption

Teks berita di bawah foto, menjelaskan kejadian yang terekam di dalam foto. Caption foto harus selalu ada di semua foto untuk publikasi cetak ataupun audiovisual. Apalagi jika foto tersebut diberikan kepada media atau pihak yang membutuhkan informasi dari PR.

caption foto misalnya untuk foto BOD atau manajemen, foto kegiatan, foto produk, foto fasilitas, sejarah organisasi,dll.

Camera Face

Karakter wajah yang Iebih menarik saat di-shoot kamera TV daripada wajah aslinya. Terjadi karena pengaruh teknologi siaran seperti kamera, tata lampu, set studio dan tata rias. Cameraface menjadi kriteria seleksi untuk pencarian bakat bagi calon penampil

Camera Angle

Sudut pengambilan gambar atau kejadian oleh juru kamera agar menghasilkan foto atau video yang menarik. Camera angle ditentukan oleh :

  • Jarak pengambilan
  • Pengaturan lensa kamera
  • Posisi obyek

Campaign

Kegiatan bertema tertentu yang diiakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Kampanye bertujuan menanamkan pengertian dan simpati publik/mutual understanding, misalnya kampanye politik.

PR CAMPAGN atau kampanye PR selalu dimulai dengan tujuan atau dinamakan Management by Objective :

  • Mengapa harus dilakukan
  • Siapa yang jadi khalayak sasatan Apa yang memotivasi sasaran menerima pesan
  • Bagaimana merumuskannya, dst.
1 38 39 40 41 42