Advertising
Kegiatan menarik perhatian public untuk membeli barang atau jasa melalui media. Periklanan adalah salah satu Teknik pemasaran disampin: kegiatan PR, penjualan dan sales promotion.
Dalam periklanan ada tiga pihak saling terkait yaitu : penguklan – biro media – media.
Di Indonesia, bisnis periklanan mulai merebak di tahun 1970an, salah satunya karena peran TVRI sebagai stasiun TV satu-satunya milik pemerintah saat itu dengan acara “Manasuka Siaran Niaga”. Dunia periklanan sangat erat kaitannya dengan kegiatan PR, sehingga Al Ries dalam bukunya “The Fall of Advertising and The Rise of PR” menegaskan bahwa strategi beriklan akan lebih berdaya gun ajika digabungkan dengan strategi PR.
Kegiatan periklanan membutuhkan materi iklan sebagai sarana, dan media massa sebagai wahana agar pesannya diterima oleh khalayak.
Profesi yang berperan dalam periklanan:
- Pembina Usaha (Client Service/Account Executives)
- Kreator Iklan (Creatice/Art Director)
- Pembuat Naskah (Copy Writer)
- Juru foto dan video (Fotografer, Cameramen)
- Desainer iklan (Graphic Designer, Visualizer)
- Paska produksi (Music/Video editor)
- Perencana media (Media planner/buyer)