Glossary

Wartawan Amplop / Bodrek

Seseorang yang mengaku wartawan dengan mendatangi sebuah acara atau instansi, untuk mendapatkan uang saku atau “amplop” sehingga disebut Wartawan Amplop. Mereka tidak memiliki identitas resmi pers sehingga disebut juga Wartawan Tanpa Surat Kabar (WTS). Bahkan sering mencatut nama media tertentu yang tidak jelas keberadaannya.

Ciri-ciri Wartawan Amplop :

  • Biasanya datang berkelompok dalam acara jumpa pers
  • Nama mereka tidak ada di daftar hadir
  • Mengisi daftar hadir dengan nama media yang tidak jelas – Tidak segan-segan meminta jatah “amplop” (uang saku/transport yang disediakan petugas PR), terkadang bersikap memaksa

Watchdog

Lembaga independen dan nirlaba yang mengawasi jalannya pernerintahan, yang menyoroti isu tertentu seperti lingkungan hidup, HAM, tenaga kerja/buruh, anak-anak, dll,

Contoh : berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM): LBH, YKAI, YLKI, WALHI

Wawancara

Percakapan antara dua orang atau lebih (yang dinamakan interviewer dan interviewee). Pertanyaan diajukan oleh interviewer untuk memperoleh informasi selengkapnya dari interviewee. Ada dua macam interview : untuk riset /penelitian dan untuk mencari informasi.

Workshop

Lokakarya yang dilengkapi dengan pendalaman materi. Pesertanya dibatasi karena ada aspek pelatihan, penggunaan alat, studi kasus dan pembahasan.