Glossary

Surat Pembaca

Surat yang dikirim pembaca dan dimuat di media cetak. Berisi keluhan, saran atau pengalaman pembaca dalam interaksinya dengan sebuah organisasi. Buruknya pelayanan terhadap konsumen adalah topik yang sering muncul di surat pembaca. Tanggapan yang segera apalagi dengan solusi jelas dari PR selaku wakil organisasi, akan menambah kepercayaan konsumen.

Super Impose

Ikon yang muncul dj pojok kanan atau kiri atas di program TV. Sebagai kompensasi untuk sponsor atau promosi stasiun TV. Bentuknya bisa berupa logo, kemasan produk (packaging), maskot atau slogan.

Studio

Ruang untuk pengambilan dan perekaman gambar dan suara yang dilengkapi dengan peralatan canggih: tata lampu, tata suara, kamera, TV monitor, ruang kontrol dan set panggung. Studio dibedakan atas fungsinya:

  • studio foto
  • studio rekaman musik
  • studio produksi TV
  • studio berita

Storyboard

Alur cerita dalam pembuatan sebuah iklan TV . Berisi informasi setiap adegan/scene detik per detik: video, audio dan efek apa yang akan dimunculkan. Storyboard, seperti halnya rundown dibuat oleh scriptwriter setelah mendapat briefing dari program director dan art director.

Strategic Planning

Kegiatan menentukan tujuan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mencapai target. Perencanaan secara “strategis” terfokus pada pelaksanaan jangka panjang berskala besar dan dalam kerangka yang luas. Bukan pada kegiatan untuk sekelompok orang saja. Tujuan Strategic planning selalu mencoba menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengadaptasi apa yang sudah dilakukan saat ini.

Stand / Booth

Ruang yang disewakan dalam kegiatan pameran. Disebut juga Booth, berukuran minimal 2×3 meter dengan fasilitas standar meja dan kursi dan daya listrik. Jika penyewa menginginkan desain standnya secara khusus dapat menunjuk kontraktor pameran untuk membangun set standnya.

Stakeholder

Pihak-pihak yang memengaruhi eksistensi dan reputasi organisasi. Biasanya pihak yang tergolong sebagai stakeholder adalah:

  • Pemerintah
  • Komunitas internasional
  • Media
  • Publik
  • Lembaga donor
  • Organisasi terkait
  • Komunitas
  • Karyawan
  • Anggota (untuk yayasan)
  • Pelanggan/ konsumen
  • Pemasok

Sponsor

Organisasi yang mengeluarkan sejumlah dana atau jasa untuk berpartisjpasi dalam kegiatan organisasi Iain. Sponsor dibedakan menurut besarnya dana dan jasa yang diberikan, biasanya dibagi menjadi:

  • Sponsor Tunggal/Utama/Title Sponsor
  • Sponsor Pendamping/Co Sponsor

Sponsor selalu memilih kegiatan yang sesuai dengan positioning atau brand image-nya.

Spin Doctor

Ahli membangun citra lewat media, khususnya komunikasi politik. Bisa konsultan media atau konsultan politik yang dibayar oleh tim kampanye, untuk memastikan bahwa program atau tokoh mereka memperoleh publisitas terbaik. Mereka dinamai “spin doctor” karena mereka dianggap melakukan “spinning’ (memelintir) berbagai situasi atau peristiwa.

1 2 3