Glossary

Publisis

Orang yang ahli melakukan publisitas. Seorang publisis tahu bagaimana menciptakan berita agar mendapat liputan oleh media.

Pekerjaan seorang publisis sama dengan petugas press/media relations antara lain melalui kegiatan: press release, internet release press conferences, press/media tour video news release.

Agar dimuat di media, gaya penulisan rilis disesuaikan dengan kebutuhan setiap media. Topik aktual dan terkini yang ingin diketahui publik dan disukai media.

Publisitas

Mempopulerkan keunggulan organisasi untuk mendapat liputan di media-media potensial melalui kegiatan atau berita yang strategis. Kegiatan publisitas harus menarik perhatian media dan masyarakat, agar menjadi perbincangan luas. Keunggulan publisitas adalah biaya sangat rendah karena tidak memasang iklan, misalnya jika kegiatan tersebut diliput dan disiarkan di program berita sore TV.

Publikasi

Berbagai bentuk tulisan untuk meningkatkan citra sebuah merek atau organisasi. Bentuk publikasi antara Iain:

  • Profil Perusahaan
  • News/ Press release
  • Majalah internal atau eksternal
  • Annual report
  • Brosur produk

Karena isinya menyangkut citra organisasj , departemen PR lah yang bertanggung jawab menyiapkan isi dan memproduksinya.

Publik

Semua kelompok masyarakat di dalam dan di luar organisasi yang menjadi target kegiatan PR dalam membentuk mutual understanding. Publik termasuk:

  • Konsumen: nasabah, pemirsa, pendengar, pelanggan
  • Komunitas: masyarakat umum dan masyarakat di lingkungan perusahaan
  • Karyawan
  • Calon karyawan: pelajar, mahasiswa, karyawan organisasi Iain
  • Pemasok/supplier
  • Distributor dan agen
  • Mitra keuangan: bank, asuransi, emiten
  • Opinion leader, guru, ulama

Public Speaking

Keahlian berbicara di depan publik. Keahlian menyampaikan ide, gagasan, bahkan mempengaruhi orang lain. Kemampuan public speaking bisa dipelajari melalui latihan atau kursus, dan sebaiknya dimiliki petugas PR dalam fungsinya sebagai juru bicara organisasi. Public speaking dapat menjadi profesi yang mendatangkan income sangat besar apalagi jika didukung dengan pengetahuan khusus.

Public Service Announcement (PSA)

Iklan layanan masyarakat. Iklan berisi pesan non komersial yang menyangkut kepentingan kemasyarakatan, seperti:

  • Tata cara Pemilu atau Pitkada
  • Tata cara Naik Haji
  • Mencegah virus Flu Burung
  • Memberantas Demam Berdarah
  • Sosialisasi Biaya Operasional Sekolah (BOS)
  • Hemat listrik

Biaya pemuatan ikian di media jauh lebih murah dibanding iklan komersial.

Public Relations

Hubungan masyarakat. Kegiatan yang bertujuan menciptakan hubungan dan pengertian yang baik dengan publik melalui proses

  • fact finding
  • menetapkan tujuan menentukan publik
  • menentukan program kegiatan, media dan teknik menyusun bujet
  • evaluasi

Fungsi PR dalam organisasi meliputi fungsi eksternal dan internal yaitu .

  • Financial relations
  • Employee relations
  • Community relations
  • Government relations
  • Media/press relations
  • Public affairs

Public Affairs

Petugas yang membina hubungan dan berkomunikasi dengan pemerintah dan kelompok masyarakat yang berwewenang dengan kebijakan publik. Bedanya dengan government relations, yang bertindak untuk kepentingan organisasinya saja, public affairs juga mengurusi dampak kebijakan publik dan peraturan pemerintah terhadap masyarakat.

Proofread

Proofread adalah mencek naskah kata demi kata sebelum materi cetak diproses menjadi proof print. Proofread dilakukan oleh seorang Proofreader.

1 2 3 4