Glossary

Over Exposed

Sorotan media yang terralu banyak atau sering terhadap seseorang, organisasi atau merek. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal yang menarik dari ybs, seperti  kontroversial  unik atau belum pernah terjadi dan  melanggar etika masyarakat

Outdoor Promotion

Promosi luar ruang dengan bentuk dan kreatif semakin beragam dan inovatif:

  • Banner di badan bus
  • Banner di gedung pencakar langit
  • Balon raksasa Zeppelin
  • Banner di pesawat/heli
  • Happening art di jalan-jalan protokol

Oplah

Jumlah eksemplar penerbitan baik buku, majalah, suratkabar. Oplah, disebut juga tiras, merupakan jumlah produksi yang ditargetkan sebuah penerbitan disetiap edisinya. Oplah minimal untuk satu penerbitan berkisar antara 3000 eksemplar agar biaya cetak ekonomis. Sebuah buku yang diterbitkan dengan oplah besar dan dicetak berulang-ulang disebut Bestseller.

Opinion Leader

Orang yang karena keahliannya dan kedudukannya dapat membentuk opini dan mempengaruhi sikap masyarakat terhadap suatu hal. Misalnya adalah:

  • Orang tua / keluarga
  • Influencer
  • Pemuka agama
  • Tokoh masyarakat

Opini Publik

Pendapat atau sikap masyarakat terhadap suatu masalah atau organisasi. Pembentukan opini publik dapat melalui berbagai kegiatan, antara lain :

  • Pelayanan terhadap publik
  • Opinion leader
  • Kegiatan komunikasi

Tugas PR adalah membentuk opini positif masyarakat terhadap organisasi. Karena opini publik bisa bersifat mendukung (pro) atau bertentangan (kontra).

On Screen

Sumber di lapangan atau orang-orang di belakang layar seperti reporter berita, produser acara, koresponden, dan lainnya.

On Location

Kunjungan ke satu lokasi atau menonton kegiatan o’eh sekelompok orang, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih intensif. Dalam kegiatan PR, beberapa contohnya adalah kunjungan wartawan ke fasilitas perusahaan, pertunjukan proses produksi,  dan lainnya dilakukan agar wartawan dapat membuat berita dengan angle yang berbeda.

On Air Promotion

Materi atau program promosi yang ditayangkan via media elektronik, termasuk didalamnya .

  • Ad-lib oleh penyiar/presenter
  • Credit title
  • Promo spot
  • Filler

On Air

Program yang disiarkan/ditayangkan di media elektronik (televisi, radio), seperti : talkshow, music show, program kuis, dan lainnya.

Tulisan “On Air ” di depan ruang studio televisi/radio berarti sebuah program sedang berlangsung atau sedang direkam.

1 2