Glossary

News Value

Kegiatan yang mengundang kehadiran pers karena memiliki nilai berita. News value suatu kegiatan dibentuk oleh

  • Tokoh atau public figure dalam kegiatan tersebut sedang disorot publik
  • Kegiatan unik dan inovatif
  • Momentum yang tepat
  • Kegiatan mengandung moral sosial, pendidikan, budaya, dan lainnya

Newsroom

Ruang redaksi dimana tim redaksi bekerja mengejar deadline. Para reporter membuat naskah berita yang diperoleh di lapangan, para redaktur mengoreksi naskah berita dan koordinator liputan mengarahkan reporter yang akan turun ke lapangan.

News Release

Siaran berita yang dikeluarkan oleh petugas PR berisi informasi organisasi kepada media massa. Disebut juga Press release. Menulis news release yang bernilai berita merupakan kemampuan yang wajib dimiliki petugas PR.

Kriteria newsrelease yang baik terdiri atas: Judul, Lead, Body, Penutup  Memuat prinsip jurnalistik 5W + 1H dengan teknik penulisan piramida terbalik.

News release bisa berbentuk tertulis (dikirim melalui pos, fax, email) atau video ( DVD, VCD, kaset betacam). Pemilihan media yang dikirim news release tentu disesuaikan dengan karakter media tersebut.

Newsletter

Publikasi cetak berkala yang diterbitkan oleh organisasi tertentu. Mirip dengan buletin namun jumlah halaman lebih sedikit dan bentuknya lebih sederhana.

News Presenter

Pembaca naskah untuk program berita TV maupun radio. News presenter di Indonesia menjadi profesi yang favorit karena identik dengan penampilan menarik, intelek dan popular. Kriteria utama sebagai news presenter haruslah memiliki wawasan yang luas serta camera-face.

News Program

Program berita yang disiarkan melalui media elektonik. Hampir semua media elektronik memiliki program berita didukung fasilitas siaran langsung (live report), sehingga kejadian penting dapat disiarkan saat itu juga seperti bencana tsunami di Aceh . Stasiun TV di Indonesia memiliki persentase program berita sekitar 20% dari total jam siaran, atau sekitar 4 jam per hari. Sedangkan stasiun TV berita seperti Metro TV persentase program beritanya bisa mencapai 80% dari total jam siaran.

News Editor

Orang yang ahli mengedit (mengoreksi, menambah dan melengkapi) berita dalam bentuk video dan diselaraskan dengan naskah berita. Berita yang telah diedit siap untuk ditayangkan setelah diisi dengan voice over dan desain grafis.

News Anchor

Tugasnya lebih luas dari News Presenter karena seorang News Anchor harus menulis dan mengedit naskah berita yang akan disiarkan,  berimprovisasi saat siaran langsung dengan koresponden, menjadi moderator saat wawancara dengan beberapa narasumber,  menjadi komentator saat program berita khusus ditayangkan.