Glossary

Media Watch

Organisasi nirlaba yang berkepentingan mengawasi perilaku media dalam kaitannya dengan kepentingan masyarakat. Seperti menyikapi munculnya pesan negatif seperti SARA, pornografi, kepemilikan modal asing, dan lainnya.

Media Specialist

Perusahaan yang mengkhususkan pelayanan jasa pembelian ruang di media, dan strategi pemasangan iklan. Media specialist merupakan spesialisasi dari jasa biro Iklan, karena tingginya frekuensi dan anggaran beriklan para pengiklan. Selain itu juga karena semakin karena tingginya kompetisi antar merek yang menuntut inovasi strategi beriklan di media.

Media Relations

Kegiatan PR menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan kalangan media (pers) melalui kegiatan :

  • Press conference
  • Press briefing
  • Press visit/tour

Media Planner – Media Buyer

Petugas di biro iklan yang membuat perencanaan pemasangan iklan di media (media placement)

MEDIA BUYER adalah media planner yang juga melakukan pembelian ruang iklan dan bernegosiasi dengan pihak media. Seorang media planner atau media buyer harus menguasai :

  • Karakteristik media: segmentasi dan distribusi
  • Momentum yang tepat: pra puasa, pra lebaran, dan lainnya
  • Strategi pembelian ruang iklan agar biaya pemasangan iklan efektif

Media Placement

Pemilihan media untuk pemasangan iklan, yang dilakukan oleh petugas di biro iklan. Media placement penting bagi pengiklan untuk mengetahui rencana dan total biaya kampanye periklanan seperti :

  • Media apa saja
  • Kapan dan berapa lama
  • Versi iklan yang ditayangkan/dimuat

Media Partner

Media yang bekerjasama dafam bentuk publikasi kegiatan dengan sebuah organisasi. Media partner berkewajiban menyiarkan kegiatan dalam bentuk iklan, sebagai kompensasi media partner mendapatkan hak untuk berpromosi di kegiatan tersebut.

Media Monitoring

Memonitor berita dari media massa dan mengolahnya menjadi informasi, melalui kegiatan :

  1. Kliping berita
  2. Pengkategorian berita
  3. Besarnya kolom berita
  4. Nilai berita (positif atau negatif)
  5. Analisa

Analisa Media atau Media Content Analysis atau Media Monitoring merupakan kegiatan rutin dan penting PR, sebagai laporan/masukan berkala bagi manajemen tentang bagaimana media memandang organisasinya, serta bagaimana sepak terjang pesaing.

Media Mix

Kampanye periklanan di beberapa jenis media. Selain pemasangan iklan di TV, radio, suratkabar, majalah, tabloid dan online. Termasuk pemasangan banner di fasilitas transportasi.

Media Komunitas

Media cetak dan elektronik dengan distribusi Iebih terbatas dari media lokal, hanya di wilayah tertentu setingkat kotamadya untu kelompok sangat terbatas.

1 2