Glossary

Investor Relations

Kegiatan memenuhi kebutuhan organisasi terhadap masalah ekonomi. Tepatnya agar pemegang saham mendapatkan informasi terkini tentang kebijakan ekonomi nasional yang mempengaruh perusahaan.

Kegiatan Investor Relations antara lain:

  • Mengembangkan publikasi/program komunikasi untuk investor kliping berita (media monitoring), buletin investor , annual report, website content
  • Menangani event: press briefing, IPO public exposure
  • Membina hubungan baik dengan media khusus finansial
  • Melakukan survei persepsi

Internal Relations

Kegiatan membina dan mengembangkan komunikasi internal dalam organisasi, dengan cara:

Menciptakan komunikasi dua arah yang harmonis dalam organisasi, Komunikasi horisontal antar karyawan/departemen, atau Komunikasi vertikat antara manajemen dengan karyawan.

Melatui kegiatan dan media :

  • Employee gathering
  • Penerbitan inhouse journal
  • Kotak Pos/ Surat
  • Open talk
  • Pemanfaatan Intranet

Selain itu juga menyebarkan informasi khusus tentang perkembangan usaha, kebijakan manajemen, peraturan dan benefit, krisis manajemen, dan lainnya.

Initial Public Offering (IPO)

Kegiatan penjualan perdana saham ke publik, oleh perusahaan yang go public. IPO dilakukan jika perusahaan membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan usaha, melalui bantuan lembaga penanggung jawab keuangan yang disebut underwriter. Acara IPO biasanya digelar di gedung hotel dan dihadiri undangan khusus: calon investor mitra keuangan dan pers.

In-house Production

Program siaran televisi/radio yang diproduksi oleh tim internal stasiun tsb.

In-house production bisa diproduksi di dalam (studio) ataupun luar studio, bahkan ke luar negeri. Bentuk program in-house production .

  • sinetron – reality show
  • talent show
  • infotainment
  • kuis, dll

In-house production yang sukes tak lepas dari unsur : kreatifitas, inovatif, teamwork yang solid, ketrampilan SDM dan fasilitas produksi yang terkini.

Tim produksi in-house production antara lain : produser, production assistant, talent coordinator, scriptwriter, unit, kreatif, penata rias, kameramen, lighting man, audioman, cableman, video editor.

Infotainment

Program televisi gabungan berita hardnews dan feature. Berita terkini dengan pendekatan feature seperti wawancara dengan selebriti dan keluarganya. Infotainment kini merebak di semua TV swasta Indonesia, disukai penonton karena menyajikan gosip kehidupan artis dan tokoh masyarakat. Namun berita infotainment semakín memasuki kehidupan pribadi selebriti, seperti perselingkuhan, perceraian, konflik ibu dan anak, dst.

Image Building

Kegiatan membangun citra organisasi melalui rangkaian kegiatan periklanan, pemasaran dan PR. Tujuannya untuk membentuk citra baru yang lebih progresif dan dekat dengan masyarakat.

Contoh :

Kalbe Farma sebagai perusahaan farmasi nasional meneguhkan imejnya melalui kegiatan image building sbb:

periklanan: print ad seri Kalbe Peduli di harian Kompas  social marketing : program TV reality show ” Sarjana Gratis”

PR : social activity sumbangan pendidikan pelajar SD

IPK

Indeks Prestasi Kumulatif, adalah nilai akumulatif dari IP mu setiap semester. Jadi misalnya selama tiga semester IP mu adalah 3.4, 3.5, dan 4, maka 10.9 / 3 = 3.63

IP

Indeks Prestasi, yang mudahnya adalah nilai pada semester yang sedang kamu ikuti. Berikut adalah rumusnya, IP = (Jumlah (SKS x POIN))  / (Jumlah SKS)

Jadi misalkan kamu mempunyai 2 mata kuliah dengan nilai A (yang berarti 4, B berarti 3, dan seterusnya) dan memiliki bobot 4 SKS, maka perhitungannya adalah:

(16+16) / 8 = 4.