Glossary

Feminine Culture

According to Hofstede, the cultural orientation in which people emphasize concern for others and the relationship among people.

Feedback

Any message that aids a communicator in evaluating the success of previous message(s).

Fallacy

Arguments that are flawed because they do not follow the rules of logic.

FUND-RAISING

Kegiatan penggalangan dana untuk program kemanusiaan atau lıngkungan oleh suatu organisasi. Kegiatan fund-raising lebih luas dari charity event, karena disertai dengan kampanye dan publikasi. Kegiatannya antara lain melalui Pameran Lukisan, Pameran Foto, dll.

FRONTLINER

Petugas yang berhadapan langsung dengan konsumen atau publik eksternal dalam organisasi , mereka antara lain :

  • resepsionis
  • customer service
  • teller

Petugas frontliner, seperti halnya PR harus memiliki product knowledge karena memberikan informasi kepada publik eksternal.

FOTOGRAFI

Teknik merekam suatu banda atau kejadian dengan kamera foto. limu fotografi diberikan bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, PR atau jurnalistik berupa teknik fotografi dasar. Untuk mendalami fotografi, ada beberapa lembaga kursus dan workshop, seperti Darwis Triadi school of photography.

Seorang petugas PR wajib memiliki kemampuan fotografi baik dengan kamera manual maupun digital Hasil fotografi merupakan dokumentasi penting bagi pembuatan publikasi seperti : press release, profil perusahaan, annual report, pameran.

Foto yang artistik akan mendukung image sebuah publikasi dan sebaiknya dilakukan oleh fotografer profesional. Di beberapa lembaga, sayangnya fungsi PR seringkali hanya sebagai fotografer di acara-acara rutin.

FOTOGRAFER

foto yang ahli dalam fotografi.

Teknologi fotografi kini sudah meninggalkan era manual dengan negatif slide, dan memasuki era digital yang jauh lebih praktis dan canggih.

Kini hasil fotografi bisa dipindahkan ke berbagai perangkat multimedia: kompüter, handphone, printer, dsb.

Ada dua kategori fotografer yaitu amatir dan professional. Fotografer amatir yaitu mereka yang masih dalam taraf belajar dan professional. Seorang fotografer profesional biasanya memiliki spesialisasi: fotografer panorama (alam), studio, model/fashion, even,dst.

FOTO BERITA

Disebut juga foto jurnalistik, foto yang mampu ”bercerita” tentang kejadian melalui gambar yang terekam. Karena kehandalan saat merekam kejadian, foto berita ibarat “bercerita dengan kata”.

Berita biasanya dimuat di halaman depan suratkabar , atau dipamerkan dalam suatu pameran foto.

Jurnalis foto adalah orang yang mahir mengambil pada foto

FOOTNOTE

catatan kaki di bawah halaman buku yang menyebutkan sumber berupa : teori, pernyataan , kejadian atau istilah. Footnote merupakan tanggungjawab penulis terhadap dan hak cipta orang lain

1 2 3