Glossary

Evaluative Listening

Listening to judge or analyze information.

Ethnocentrism

Judging other groups according to the categories and values of one´s own culture rather than being open to cultural differences.

Encoding

Process by which the source expresses thoughts or feelings in words, sounds, and physical expressions, which together make up the actual message that is sent.

Empathic Listening

Listening to understand what another person is thinking and feeling.

Egalitarian

A shortening of the word equalitarian, suggesting a commitment to, or a state of, equality. Egalitarian societies or groups are contrasted to hierarchical or class-based societies or groups

EXTERNAL RELATIONS

Membina hubungan baik dengan public di luar organinsasi dan merupakan fungsi utama PR disamping Internal Relation

Yang termasuk dalam external relations adalah:

  • Konsumen atau Nasabah (customer relations)
  • Masyarakat lingkungan (community relations)
  • Instansi pemerintah terkait (government relations)
  • Media (press relations)

EXHIBITION

Pameran atau kegiatan bertema tertentu yang diikuti oleh beberapa organisasi, bertujuan untuk penjualan produk atau penyebaran informasi.

Pameran besar bersifat tematik dan secara berkala diadakan setiap tahun seperti

Pameran Gaikindo (otomotif), Wanita, Flora & Fauna, Properti, telekomunikasi, Audio Video, Komputer, Pendidikan, Kerajinan, dll

Unsur dalam sebuah exhibition :

  • Tema dan momen yang tepat
  • Sponsor utama & pendukung
  • Diikuti peserta potensial sesuai tema pameran
  • Tempat/function yang representatif Promosi dan publikasi yang gencar

Jika sebuah organisasi berpartisipasi dalam exhibition, PR dan department terkait mempersiapkan materi dalam bentuk:

  • Desain & Set stand
  • Presentasi video profil
  • Publikasi: profil perusahaan, brosur, poster
  • Acara pendukung: kuis berhadiah, kuisioner
  • Penjaga stand

EVENT ORGANIZER (EO)

Organisasi komersial yang bergerak dalam penyelenggaraan event

jenis event yang dikelola oleh EO, seperti:

  • Seminar/conference
  • Pameran/ exhibition
  • Peluncuran Produk Bazaar, dll

EO adalah bagian dari kegiatan konsultan PR. Meskipun ada perusahaan EO yang berdiri sendiri, ada juga yang merupakan divisi sebuah konsultan PR atau Biro Iklan sebagai upaya pelayanan terpadu (full service) kepada klien.

EO pameran mendapatkan keuntungan selain dari sponsor, penjualan ruang/stand dan penjualan tiket. Untuk mengelola pameran, EO mengurus segala sesuatunya mulai dari ijin, sponsor, promosi, penjualan stand, acara, dll.

Banyak EO yang berdiri sendiri dan memiliki spesialisasi acara musik, pameran, seminar, bahkan acara perkawinan (Wedding organizer).

Contohnya:

  • Deteksi Production-spesialis roadshow music; Debindo,
  • Dyandra Promosindo-spesialis expo dan pameran

EVENT

Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan atau mempopulerkan suatu hal. Sebuah event membutuhkan biaya yang besar karena meliputi:

  • Sewa lokasi: function atau venue
  • Honor artis pendukung 
  • Biaya periklanan & promosi
  • Biaya pembangunan set, dekor 
  • Biaya pengorganisasian (event organizer); kepanitiaan, sekretariat, dll

Apalagi jika dilakukan secara roadshow di beberapa kota. Oleh sebab itu sebuah event harus didukung pembiayaannya ofeh sponsor tunggal atau beberapa sponsor.

Event Marketing bertujuan untuk mendongkrak penjualan produk. Even Korporat/PR bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan.

1 2