Glossary

Bureaucracy

Organization characterized by hierarchical chains of command and power, each with its own separate function.

Brainstorming

A technique designed to foster group productivity by encouraging interacting group members to express their ideas in a noncritical fashion.

Benchmarking

The process of seeking to improve quality by comparing one´s own products or services with the best products or services of others.

Belief

An expectation about the way some event or sequence of events will occur.

BULETIN

Media cetak yang diterbitkan untuk kalangan terbatas, termasuk satu bentuk in-house journal . Berisi informasi internal dan dibagikan secara cuma-cuma. Jumlah halamannya tebih dari majalah, kualitas cetaknyapun lebih sederhana.

Dalam suatu organisasi , buletin dibuat oleh departemen PR

BUILT IN

Merk yang muncul di latarbelakang saat program TV ditayangkan

Built in merupakan strategi penempatan merek (branding) yang “halus”, untuk menyiasati promosi yang bersifat langsung.

Seperti contohnya, minuman merek tertentu yang dikonsumsi pemain

BROSUR

Materi cetak yang berisi informasi produk atau kegiatan organisasi.

Tebal sekitar enam halaman atau lebih, lebih tipis dan lebih kecil dari Booklet.

Brosur didesain sedemikian rupa dengan warna dan foto-foto agar menarik untuk dibaca karena mewakili citra produk atau organisasi.

BROADCASTING

Teknologi siaran berfrekuensi audio-video yang dipancarkan ke pesawat TV atau radio di rumah-rumah melalui stasiun pemancar dan sateiit.

Stasiun TV menyiarkan frekuensi audio dan video, sedangkan radio hanya menyiarkan frekuensi audio. industri broadcasting melibatkan banyak industri pendukung seperti : jasa telekomunikasi, kontraktor stasiun pemancar, peralatan multimedia, production house, studio rekaman dan editing, termasuk sekolah broadcasting yang semakin menjamur karena diminati kaum muda.

BROADCASTER adalah orang yang bekerja di dunia broadcasting: produser, penyiar radio, audioman, editor, lightingman, kameramen, presenter TV, dll

BRANDING

Kegiatan mempopulerkan merek jasa atau produk melalui penempatan merek di lokasi dan event yang strategis.

Contoh :

Branding program berita melalui kegiatan roadshow seminar di beberapa kota meliputi:

– penayangan promo/ iklan TV, radio dan media cetak logo di backdrop event giant banner di depan gedung/venue, presentasi audiovisual program oleh setiap pembicara

  • penyebutan merek (ad lib ) oleh moderator dan MC
  • pemberian merchandise kepada peserta seminar
1 2 3