Glossary

RSVP

R’espondez S’il Vous Plait (Bhs Perancis: harap dijawab). Mohon memberi kabar atau konfirmasi jika dapat atau berhalangan hadir. RSVP dicantumkan di surat atau kartu undangan untuk acara khusus dengan tempat terbatas.

Running on Schedule

Jadwal penempatan iklan di stasiun TV yang tidak terjadwal. ROS adalah ikian yang ditayangkan/disisipkan di waktu yang kosong karena adanya pembatalan. Jadwal ROS biasanya untuk iklan non komersial seperti iklan layanan masyarakat, atau iklan dalam bentuk paket.

Roadshow

Kegiatan berkeliling antar kota, negara untuk memasyarakatkan merek, gagasan atau program kepada publik. Roadshow dilakukan antara lain oleh :

  • group band atau artis untuk promosi album
  • perusahaan go public untuk penjualan saham
  • konsultan manajemen untuk seminar pemasaran, bisnis, dan lainnya

Reportase Investigasi

Peliputan berita oleh reporter melalui serangkaian pengusutan dan penyelidikan, karena adanya fakta yang tidak terbuka. Reportase investigasi dilakukan untuk menguak atau membongkar kegiatan yang tidak transparan dan bersifat manipulasi, korupsi, skandal.

Reporter

Orang yang tugasnya melaporkan kejadian di lapangan menjadi berita atau informasi. Sama dengan wartawan ataujurnaiis. Seorang reporter harus peka, kritis dan tanggap terhadap lingkungannya, mampu menuangkan kejadian dalam bentuk tuiisan yang faktual obyektif dan akurat. Pendidikan untuk menjadi reporter adalah ilmu jurnalistik namun tidak tertutup kemungkinan dari disiplin ilmu lain, karena didukung bakat menulis dan pengalaman jurnalistik.

Redaksi

Sekelompok orang yang pekerjaannya merekam kejadian dan fakta mengolahnya menjadi berita atau informasi. Redaksj adalah pekerja di perusahaan media massa, yang karena tuntutan pekerjaannya tidak dibatasi oleh waktu kerja. Agar medianya bisa memberikan berita setiap hari secara aktual, mereka harus siaga 24 jam khususnya redaksi media berita. Susunan redaksi secara umum terdiri dari :

  • Pemimpin redaksi
  • Koordinator reporter
  • Koordinator fotografer/juru kamera
  • Reporter
  • Fotografer/juru kamera Tugas rutin redaksi :
  • Rapat redaksi untuk menentukan topik berita
  • Mencari dan mendapatkan berita di lapangan
  • Mengolah berita (melengkapi naskah dengan foto/video, melayout, mengedit)
  • Menyajikan berita dalam bentuk siaran program TV/radio atau media cetak

Reality Show

Program TV yang menampilkan realita kehidupan manusia menjadi program yang mengharu biru dan menyentuh emosi pemirsa. Reality show di Indonesia mulai mereak di tahun 200an. Salah satu contohnya adalah Helmy Yahya, produser dan pemilik rumah produksi Triwarsana spesialis memproduksi reality show.

Rating

Jumlah penonton suatu program TV di periode tertentu, di wilayah tertentu. Angka rating mewakili 100% target audience penonton TV, jadi 1% jumiah penonton = rating 1, dan seterusnya. Yang diukur melalui Survei Kepemirsaan Televisi di 9 kota rating yang dipilih untuk mewakili seluruh populasi penonton Indonesia. Survei rating diukur dengan afat pengukur bernama People meter oleh lembaga riset independen AGB Nielsen Media Research (NMR) terhadap sekelompok responden. Rating sebuah program TV sangat powerful karena mampu “menyedot” alokasi bujet iklan dari biro iklan dan pengiklan. Kini muncul kontroversi diantara praktisi media untuk menggagas rating alternatif sebagai perbandingan terhadap rating yang selama ini dikeluarkan NMR.

Rate Card

Daftar harga iklan di media, ditentukan menurut ruang penempatan. Setiap media memiliki ratecard yang berbeda tergantung pada: rating program (untuk TV) waktu atau posisi pemasangan iklan luasnya jaringan/distribusi banyaknya optah/tiras (untuk media cetak).

1 2 3 26