Glossary

Market Oriented

Berorientasi kepada selera pasar, melalui orientasi kepada pelanggan dan juga karyawan secara simultan. Organisasi yang karyawannya berorientasi pasar akan menghasilkan produk dan yang memenuhi kebutuhan pasar.

Man on the Street (MOS)

Orang-orang dj tempat umum yang dipifih secara acak untuk dimintai pendapat atas suatu kejadian atau topik aktual yang kontroversial. Pendapat mereka direkam untuk kepentingan pemberitaan di media. Misalnya pendapat MOS tentang kenaikan tarif dasar listrik (TDL)

Keynote Speaker

Pembicara kehormatan yang memberi sambutan dan memberi materi dalam seminar nasional. Pembicara yang mewakili sebuah lembaga dan memberi ulasan sesuai tema seminar.

Kantor Berita

Lembaga pers yang memproduksi dan menyebarluaskan berita dalam bentuk naskah, foto berita dan video. Kantor berita nasional mendapatkan berita dari : wartawan, koresponden dan kantor berita internasional. Setiap negara memiliki kantor berita milík pemerintah dan swasta. Kantor berita yang terkenal antara lain:

  • Reuters di Inggris
  • Associated Press milik perusahaan pers di Amerika
  • Indonesia memiliki LKBN Antara satu-satunya kantor berita milik pemerintah.

Jargon

Istilah atau bahasa dari kelompok tertentu, yang awalnya hanya dimengerti oleh kelompok tersebut namun kemudian menjadi bahasa umum dipakai oleh masyarakat. Contoh : intimidasi, provokasi, konspirasi

Investor Relations

Kegiatan memenuhi kebutuhan organisasi terhadap masalah ekonomi. Tepatnya agar pemegang saham mendapatkan informasi terkini tentang kebijakan ekonomi nasional yang mempengaruh perusahaan.

Kegiatan Investor Relations antara lain:

  • Mengembangkan publikasi/program komunikasi untuk investor kliping berita (media monitoring), buletin investor , annual report, website content
  • Menangani event: press briefing, IPO public exposure
  • Membina hubungan baik dengan media khusus finansial
  • Melakukan survei persepsi

Internal Relations

Kegiatan membina dan mengembangkan komunikasi internal dalam organisasi, dengan cara:

Menciptakan komunikasi dua arah yang harmonis dalam organisasi, Komunikasi horisontal antar karyawan/departemen, atau Komunikasi vertikat antara manajemen dengan karyawan.

Melatui kegiatan dan media :

  • Employee gathering
  • Penerbitan inhouse journal
  • Kotak Pos/ Surat
  • Open talk
  • Pemanfaatan Intranet

Selain itu juga menyebarkan informasi khusus tentang perkembangan usaha, kebijakan manajemen, peraturan dan benefit, krisis manajemen, dan lainnya.

Initial Public Offering (IPO)

Kegiatan penjualan perdana saham ke publik, oleh perusahaan yang go public. IPO dilakukan jika perusahaan membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan usaha, melalui bantuan lembaga penanggung jawab keuangan yang disebut underwriter. Acara IPO biasanya digelar di gedung hotel dan dihadiri undangan khusus: calon investor mitra keuangan dan pers.

In-house Production

Program siaran televisi/radio yang diproduksi oleh tim internal stasiun tsb.

In-house production bisa diproduksi di dalam (studio) ataupun luar studio, bahkan ke luar negeri. Bentuk program in-house production .

  • sinetron – reality show
  • talent show
  • infotainment
  • kuis, dll

In-house production yang sukes tak lepas dari unsur : kreatifitas, inovatif, teamwork yang solid, ketrampilan SDM dan fasilitas produksi yang terkini.

Tim produksi in-house production antara lain : produser, production assistant, talent coordinator, scriptwriter, unit, kreatif, penata rias, kameramen, lighting man, audioman, cableman, video editor.

1 2 3 18