Perkembangan Teknologi Dalam Berkomunikasi

Seperti yang kita ketahui seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi semakin menguasi aktifitas komunikasi manusia sehari-hari. Komunikasi adalah sebuah proses dimana terjadinya pertukaran informasi anatara dua orang atau lebih, proses komunikasi juga dapat dilakukan dengan cara verbal maupun nonverbal. Teknologi komunikasi merupakan suatu hal yang mencakup mengantarkan, menyampaikan, dan menerima pesan tersebut melalui alat atau media.

Pada zaman dahulu atau pada zaman prasejarah manusia  masih belum mengenal tulisan, jadi pada zaman ini manusia berkomunikasi melalui lukisan pada dinding-dinding gua. Manusia zaman prasejarah membuat lukisan ini pada batu-batu pesar yang ada pada dinding gua. Mereka menggunakan cara ini hanya untuk berbagi pengalaman kepada manusia yang lain tentang pengalamannya dalam berburu dan memberi tahu manusia lain untuk mengenal hewan yang aman untuk dikonsumsi. Lukisan tersebut digambar menggunakan cat berwarna lalu dilukis menggunakan tangan mereka. Berbeda dengan manusia pada zaman sejarah yang sudah mulai mengenal adanya tulisan, mereka munilaskan beberapa informasi yang mereka dapat melalui batu. Batu juga adalah alat komunikasi yang bertahan lama, sehingga itu memudahkan para manusia untuk melihat tulisan tersebut.

Seiring perkembangannya zaman tentu alat komunikasi semakin maju dan modern, pada zaman modern ini manusia sudah mengenal teknologi dan menemukan inofasi untuk memudahkan para manusia untuk berkomunikasi, berikut adalah beberapa alat komunikasi yang ada pada zaman modern ini :

  • Telegraf

Telegraf adalah alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan kode-kode yang disusun dengan garis dan titik atau yang biasa disebut dengan kode morse, alat ini bisa digunakan Ketika orang yang berinteraksi sama-sama memiliki telegraf.

  • Radio

Radio adalah alat yang mengubah gelombang radio menjadi gelombang suara, radio biasanya berada di kendaraan, toko, dan rumah, alat ini menjadi sumber informasi bagi masyarakat pada era 1900-an dan hingga sekarang radio masih menjadi sumber informasi yang terpercara dan kompeten.

  • Internet

Internet atau sosial media adalah sebuah media yang dapat menyampaikan pesan melalui internet secara online, biasanya alat komunikasi yang digunakan berupa ponsel, laptop atau komputer. Kita bisa berinteraksi dengan siapa pun tanpa adanya Batasan semasih internet itu tersambung secara online.

Dengan adanya perkembangan zaman terutama pada bidang teknologi tentu saja sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari manusia. Kita jadi lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain, dengan adanya teknologi yang dimiliki manusia kita bisa terus semakin berkembang dengan adanya teknologi tersebut, kita bisa semakin dekat dengan keluarga maupun teman dan sudah tidak ada lagi penghalang kita untuk berkomunikasi. Hidup di zaman ini sangat memberikan keuntungan bagi kita untuk bisa saling bertukar informasi secara mudah dan praktis.

Referensi:

Adryamarthanino, V. (2022). Alat Komunikasi Zaman prasejarah dan sejarah. Jakarta: kompas.com.

Azizah, L. N. (2021). Sejarah Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi. gramedia.com.

Fajri, D. L. (2021). 9 Alat Komunikasi Modern dan Cara Kerjanya. katadata.co.id.

Nugraha, J. (2021). Media Sosial adalah Alat Komunikasi Online, Ketahui Jenis dan Fungsinya. JABAR: Merdeka.com.

Oleh Nafal Febrian Alif