Glossary

Above-the-line

Kegiatan periklanan lini atas dengan menggunakan pemasangan iklan di media massa. Pembuatan dan pemasangan iklan di media massa dilakukan oleh biro iklan. Dari segi biaya, kegiatan ATL membutuhkan biaya relatif tinggi khususnya biaya pemasangan iklan di TV.

Achievement

Pencapaian prestasi oleh seseorang atau organisasi, dinilai dan diakui oleh Lembaga yang berkompeten.

Achievement dikategorikan antara lain:

  • Produk paling inovatif
  • Pelayanan paling memuaskan
  • Manajemen dan SDM yang berkualitas
  • Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik

Achievement sebagai prestasi organisasi perlu dimuat dalam Profil Perusahaan, misalnya keberhasilan memperoleh:

  • Sertifikasi ISO 9001-2000
  • Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
  • Superbrands, dll

Adlib

Penyebutan atau pembacaan sebuah merek-sebagai sponsor oleh pembawa acara(MC). Ad-lib tidak tercantum dalam susunan acara, karena bentuk kompensasi tambahan untuk sponsor.

Advertising

Kegiatan menarik perhatian public untuk membeli barang atau jasa melalui media. Periklanan adalah salah satu Teknik pemasaran disampin: kegiatan PR, penjualan dan sales promotion.

Dalam periklanan ada tiga pihak saling terkait yaitu : penguklan – biro media – media.

Di Indonesia, bisnis periklanan mulai merebak di tahun 1970an, salah satunya karena peran TVRI sebagai stasiun TV satu-satunya milik pemerintah saat itu dengan acara “Manasuka Siaran Niaga”. Dunia periklanan sangat erat kaitannya dengan kegiatan PR, sehingga Al Ries dalam bukunya “The Fall of Advertising and The Rise of PR” menegaskan bahwa strategi beriklan akan lebih berdaya gun ajika digabungkan dengan strategi PR.

Kegiatan periklanan membutuhkan materi iklan sebagai sarana, dan media massa sebagai wahana agar pesannya diterima oleh khalayak.

Profesi yang berperan dalam periklanan:

  • Pembina Usaha (Client Service/Account Executives)
  • Kreator Iklan (Creatice/Art Director)
  • Pembuat Naskah (Copy Writer)
  • Juru foto dan video (Fotografer, Cameramen)
  • Desainer iklan (Graphic Designer, Visualizer)
  • Paska produksi (Music/Video editor)
  • Perencana media (Media planner/buyer)

Advertising Agency

Perusahaan yang bergerak dalam usaha periklanan. Disebut juga Biro Iklan.

Cara kerja Biro Iklan :

  • Account Executives (AE) menerima Briefing dari pengiklan
  • AE meneruskan briefing ke tim kreatif yang terdiri dari art director, copywriter, production designer dan media planner
  • Tim kreatif merancang konsep kreatif iklan
  • Konsep kreatif dipresentasikan AE kepada pengiklan
  • Jika klien tidak setuju, tim kreatif membuat alternative konsep
  • Jika klien setuju, materi iklan diproduksi oleh tim kreatif
  • Materi iklan selesai diproduksi dipresentasikan lagi ke pengiklan dan masih dapat dilakukan revisi/koreksi
  • Materi iklan siap tayang/muat dan sudah disetujui pengiklan diperbanyak dan didistribusikan ke seluruh media sesuai media plan

Lingkup layanan biro iklan antara lain :

  • Iklan di media : above-the-line dan below-the-line
  • Prigram Kampanye : Pemilu, Pilkada, Anti Narkoba
  • Program Pemasaran: product launching, branding
  • Public Relations: iklan korporat, profil perusahaan, annual report
  • Riset konsumen, dll

Biro iklan mendapat keuntungan dari komisi pemasangan iklan di media (agency fee) yang besarnya mencapai 20%

Biro iklan di Indonesia umumnya dibedakan atas kepemilikan midalnya: lokal, asing dan afiliasi. Biro iklan ini tergabung dalam wadah asosiasi bernama Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), yang hampir tiap tahun menggelar ajang apresiasi “Citra Pariwara” bagi insan-insan dan karya periklanan.

Advertorial

Iklan dengan naskah seperti berita, berisi informasi kegiatan organisasi atau produk. Disebut juga iklan pariwara. Pemuatannya di media massa dilakukan oleh biro iklan, yang menyusun naskah dan visual dengan persetujuan pengiklan. Isi advertorial biasanya adalah:

  1. Profil perusahaan
  2. Peluncuran produk baru
  3. Kegiatan sosial/korporat
  4. Program dan pelayanan baru

Afiliasi

Organisasi yang mengadakan ikatan bisnis dengan organisasi asing. Sebuah biro iklan atau konsultan PR yang berafiliasi dengan international agency akan memperoleh hak atas:

  • Iklan dari klien internasionalnya
  • Adaptasi system manajemen
  • Adaptasi konsep kreatif

Announcer

Orang yang menyampaikan informasi kepada public melalui radio atau TV.

Di radio – radio announcer

Di TV – announcer continuity: tugasnya menyampaikan perpindahan /kontinyuitas program

Seorang Announcer harus memiliki vocal dan artikulasi yang baik serta penampilan yang menarik jika ia muncul di TV.

ANNUAL REPORT

Publikasi berisi laporan keuangan tahunan yang diterbitkan organisasi bisnis. Gunanya agar investor mengetahui posisi dan target keuangan organisasi tersebut

Bentuk-bentuk annual report

  • Buku/booklet
  • Iklan cetak
  • Presentasi audiovisual

Isi annual report antara lain:

  • Data keuangan dan kerugian—balancee sheet
  • Laporan kinerja direksi dan laporan keuangan disahkan oleh pengaudit/auditor 

Annual report diterbitkan sebagai laporan untuk persetujuan investor, sekaligus bukti transparansi bagi mitra keuangan, pers dan masyarakat.

Isi annual report disiapkan tim internal terkait yaitu: PR, investor relation, tim keuangan, dan auditor selaku pengawas independen.

Produksi materi annual report baik cetak atau audio visual dibuat oleh biro iklan dengan kualitas ekslusif karena mewakili citra perusahaan.

ART DIRECTOR

Pengarah seni. Orang yang bertanggungjawab atas aspek kreatif dalam periklanan atau pertunjukan. Art Director dibutuhkan perusahaan yang memiliki tim kreatif seperti biro iklan, rumah produksi, dll.

Tugas Art Director dalam periklanan merancang konsep kreatif iklan hingga siap tayang. Bekerjasama dengan timnya yaitu pembuat visual/visualizer dan pembuat naskah/copywriter.

Kualifikasi seorang art director, selain harus kreatif, inovatif, berlatar belakang Pendidikan seni/desain, menguasai aplikasi dan produksi materi kreatif, juga mampu membangun sinergi dalam tim kreatif. Sehingga setiap fungsi kreatif saling melengkapi.

1 2 3 14