People Innovation Excellence

Perjalanan Hidup dari Matahari Department Store

Medapatkan sebuah pekerjaan atau tempat magang tentunya tidaklah mudah. Butuh perjuangan saat mencari lowongan, mempersiapkan interview, dan proses-proses lainnya. Pada semester 7, saya, sebagai mahasiswa program Marketing Communication Binus University, mendapatkan kesempatan untuk menjalankan program internship 3+1 dari Bina Nusantara University. Pada program ini, saya mendapatkan kesempatan untuk menjalankan internship selama 4 bulan di PT Matahari Department Store.

Mahasiswa komunikasi magang di Matahari Department Store

Perjalanan saya sampai dengan saya diterima di PT Matahari Department Store ini tentunya tidaklah mudah. Beberapa perusahaan yang telah saya kirimkan permohonan untuk dapat menjalankan program internship ini tidak merespon dan ada beberapa diantara mereka yang dengan tiba-tiba menghilang tanpa kabar, padahal sebelumnya telah menyatakan bahwa saya diterima di perusahaan tersebut. Bulan September telah dimulai. Telah banyak dari teman saya yang sudah mulai bekerja di berbagai perusahaan. Sedangkan saya, masih mencari-cari lowongan dan channel yang hendak menerima saya sebagai mahasiswa magang di perusahaan-perusahaan.

Perjuangan telah membuahkan hasil. Setelah sekian banyak perusahaan dan teman-teman yang saya ganggu untuk menanyakan lowongan internship, salah satu teman saya, Fairuz Fakhriyah yang juga bersama saya menjalankan internship di PT Matahari Department Store selama 4 bulan menawarkan saya untuk menjalankan internship bersamanya di perusahaan tersebut.

Berbagai proses telah saya jalankan, mulai dari proses interview, hingga brief peraturan-peraturan di PT Matahari Department Store. Akhirnya saya dinyatakan diterima di perusahaan tersebut mulai dari tanggal 10 September 2018 – 10 Januari 2019 sebagai merchandiser.

Hari pertama saya masuk, saya ditempatkan di lantai 8, sedangkan teman saya, Fairuz, ditempatkan di lantai 10. Saya bertemu dengan banyak orang baru yang baik dan sabar yang mengajarkan saya banyak hal-hal baru yang belum saya mengerti. Pertama, saya disuruh untuk mengenali produk-produk perusahaan dan mengetahui beberapa supplier langganan PT Matahari Department Store. Untuk hari pertama, perasaan saya sangat nervous karena belum mengenal banyak orang, namun senang karena lingkungan orang-orang sekitar yang baik dan perhatian.

Dua bulan telah berlalu. Banyak karakter dari rekan-rekan kerja yang bisa saya lihat. Dalam lingkungan pekerjaan, ternyata tidak semua orang selalu sependapat dan setuju dengan apa yang kita pikirkan atau kita lakukan, namun tidak mengatakannya langsung kepada kita. Hal ini bisa saya katakan, karena saya cukup terkejut dengan suatu kejadian yang tidak pernah saya kira. Suatu hari saya dipanggil ke bagian Human Capital Center tanpa saya tahu masalah saya. Ternyata, seorang kakak dari bagian HC mengatakan bahwa ada rekan kerja yang melaporkan bahwa saya dan Fairuz tidak berinisiatif dan tidak melakukan pekerjaan sesuai dengan aturannya. Padahal, rekan-rekan kerja di sekitar selalu memuji atas pekerjaan yang saya lakukan dan seringkali kami bercanda dan tertawa bersama tanpa terlihat suatu masalah sedikitpun. Namun, setelah itu saya mulai mencoba untuk memperbaiki sikap dan cara kerja saya agar saya dapat melakukan segalanya lebih maksimal dan disenangi oleh rekan-rekan kerja saya.

Selama 4 bulan internship di PT Matahari Department Store, saya mendapatkan banyak pelajaran yang akan saya ingat saat bekerja di perusahaan-perusahaan lainnya. Tidak hanya pelajaran dalam melakukan pekerjaan yang diberikan, namun juga pelajaran hidup yang selalu menuntut kita untuk berbuat baik, ramah, selalu sabar, dan selalu menyelesaikan masalah apapun yang terjadi dalam perusahaan.

Angelica Yanmarsia – 1901467713


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close