People Innovation Excellence

Mengurusi Event, Siapa Takut?

Saya melakukan Internship di PT. Lockermedia Creativa sebagai Public Relations di divisi Event. PT Lockermedia Creativa telah berdiri sejak 2009, namun baru berbadan hukum pada tahun 2012. Perusahaan ini didirikan oleh Aria Baja dan Renggo Adjie yang berlatar belakang pelaku industri media dan radio. Pada awalnya PT Lockermedia Creativa hanya berdiri sebagai media online, namun seiring berjalannya waktu terbentuklah 4 platform bisnis dalam perusahaan ini, yaitu locker talent, locker radio, locker media, dan locker event.

Lockermedia Creativa adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa hiburan dengan bisnis model non-label yang merupakan satu-satunya di Indonesia saat ini. Locker menawarkan jasa di bidang hiburan dengan system yang berkesinambungan antara empat platform dengan cara mengembangkan, memproduksi sampai mempromosikan talent dalam satu pintu. Sesuai dengan Namanya, PT Lockermedia Creativa bergerak dengan folosofi “dengan membuka satu kunci locker, maka akan membuka jalan ke berbagai kesempatan dan peluang.” Klien dari PT Lockermedia Creativa berasal dari kalangan musisi, label rekaman, dan pegiat industri musik. Selain itu terdapat juga brand dan agency.

Saya bekerja sebagai salah satu Public Relations divisi Event yang berperan untuk membantu tim yang meng-handle acara-acara yang dibuat oleh Lockermedia. Dalam empat bulan saya melakukan Internship ini saya terlibat dalam beberapa acara, seperti Popcon Asia 2018, Cityfest 2108, Clas Mild “The Authentic Story of Pure Taste”, Showcase promo single Galabby “Indah Pada Waktunya”, Locker Jam.

Event yang pertama Popcon Asia yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition pada tanggal 22 dan 23 September 2018. Locker Event yang membantu membuat booth dari Frankkomik dan menyediakan talent kepada acara Popcon Asia. Talent yang hadir ialah White Shoes & the Couples Company, The Adams, dan juga Goodnight Electric. Pekerjaan yang dilakukan saat acara akan berlangsung ialah mencari talent untuk tampil, membuat SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) antara Locker dengan talent, menyiapkan kebutuhan para talent seperti konsumsi dan juga pada saat acara berlangsung, menyiapkan kebutuhan talent saat perform. Pada saat itu saya selalu siap dan bersedia saat talent membutuhkan apapun dari mulai acara hingga selesai.

mahasiswa komunikasi mengurusi event frankkomik di popcon

Acara kedua yang saya kerjakan ialah Cityfest yang diadakan pada tanggal 28, 29, dan 30 September 2018. Cityfest adalah acara pameran makanan, pakaian, dan juga musik. Locker event bekerjasama dengan Cityfest dalam bidang musik. Talent yang Locker sediakan ialah Syahravi, Novakane, RL+KLAV, dan Morsh. Job descriptionyang diberikan ialah membuat SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) dan juga keperluan para talent untuk tampil. Pada saat itu sempat terjadi masalah mengenai SPK yang dibuat yaitu mengenai feeyang tercantum di SPK terjadi perubahan saat event director Locker ingin menandatangani SPK, namun terjadi ketidaktelitian saat mengecek SPK tersebut.  Lalu pada saat itu juga kami langsung menangani masalah SPK tersebut dan bertinteraksi langsung kepada tim Cityfest untuk menyelesaikannya. Namun saat kedua pihak sudah mendapatkan jalan tengah, acara berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Setelah terjadi masalah ini saya sebagai pihak yang mengurus SPK sangat mendapatkan pelajaran kedepannya untuk selalu teliti dalam bekerja.

mahasiswa komunikasi mengurusi event cityfest

Projectketiga adalah “The Authentic Story of Pure Taste” yang diselenggarakan oleh Clas Mild yaitu peluncuran produk baru. Pekerjaan dalam acara ini adalah crew director yang mengurus dan menjalankan susunan acara dari awal hingga acara selesai. Selain itu Crew Directorjuga berkoordinasi langsung dengan Floor Directordan juga Head Director.

Projectselanjutnya adalah Showcase Promo Single Galabby “Indah Pada Waktunya” yang diselanggarakan pada tanggal 24 Oktober 2018 di Kroma Coffee, Panglima Polim. Job description pada project kali ini ialah sebagai LO (Liaison Officer) para talent yang hadir. LO juga menyiapkan kebutuhan yang diperlukan oleh para talent selama acara berlangsung. Selain itu LO juga selalu bersedia jika talent membutuhkan sesuatu.

Event terakhir yang saya kerjakan ialah Locker Jam yaitu sebuah acara yang di selenggarakan dan dipersiapkan dengan waktu yang singkat. Acara musik ini dimeriahkan oleh beberapa musisi yaitu Pamungkas, Duara, Sal Priadi, dan juga Bilal Indrajaya. Locker Jam yang diselenggarakan di Bona Plaza Indah, Lebak Bulus pada tanggal 27 Desember ini dihadiri oleh kuantitas penonton yang cukup ramai. Saya bekerja mulai dari membuat SPK untuk talent sampai menemani talentdari awal hingga akhir acara.

mahasiswa komunikasi mengurusi event lockerjam

Pengalaman yang saya dapatkan setelah melakukan program Internshipini sangat bermanfaat untuk pengembangan diri saya. Mulai dari bagaimana cara mengatur waktu, berkomunikasi dengan cara yang professional, teliti dalam bekerja, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan lainnya. Dari program Internship ini saya juga mendapatkan banyak koneksi dengen artis, perusahaan, maupun perorangan. Ini dapat menjadi bekal untuk saya ke depan harinya agar dapat memberikan kualitas diri yang baik dalam pekerjaan.

Raisya Alianti 2001603590


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close