People Innovation Excellence

Ini Serunya Magang Jadi Social Media Intern di Blibli

Periode magang atau internship kedua saya laksanakan pada Agustus hingga Desember 2018, di PT. Global Digital Niaga atau biasa dikenal dengan Blibli.com. Disana posisi yang saya peroleh adalah sebagai social media intern yang merupakan salah satu subdivisi dari marketing communication division dansesuai dengan jurusan yang saya ambil dari perkuliahan. Selama melaksanakan proses magang di sini begitu banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang berhasil saya peroleh. Hal atau pelajaran pertama adalah mengenai cara berinteraksi serta beradaptasi dengan lingkungan baru, sambil tetap bersikap profesional. Saya merasa beruntung karena dalam melaksanakan hal tersebut terdapat beberapa anak intern lainnya dalam divisi yang saya tempati. Teman – teman tersebut juga begitu beragam dan berasal dari berbagai universitas yang juga membuat saya belajar mengenai banyak hal.

Proses magang yang saya jalani dimulai dengan mempelajari kinerja media sosial dari sisi bisnis yang cukup besar. Facebook, Twitter, Instagram,adalah beberapa media sosial yang paling utama dalam melakukan bisnis untuk mengelola awareness dan menciptakan conversion. Ketika menjalani masa magang dan melakukan berbagai tanggung jawab sebagai social media intern, saya belajar begitu banyak mengenai berbagai platform media sosial tersebut dari segi yang berbeda yaitu segi bisnis. Tidak hanya mengenai konten, agar setiap materi yang dipublikasikan dapat terlacak dan terarah dengan tepat, saya juga belajar untuk membuat UTM bagi setiap materi yang hendak saya post.

Banyak hal lain yang juga saya pelajari dan lakukan dalam perusahaan ini. Salah satu yang paling berkesan adalah setiap kali saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan live report dari berbagai acara yang diadakan oleh Blibli.com. Acara yang diadakan juga begitu beragam, mulai dari skala kecil antar komunitas, skala nasional seperti The Big Start Indonesia, dan juga tentunya Asian Games pada 2018 dimana Blibli.com dijadikan sebagai official ticketing partner dari acara olahraga terbesar yang diadakan di Indonesia pada 2018. Saat melakukan live tweet, tidak hanya mengenai angle pengambilan konten, saya juga belajar banyak karena kepercayaan yang diberikan seiring dengan berjalannya waktu kepada saya untuk mempublikasikan berbagai materi secara langsung. Hal tersebut berarti saya perlu mengambil foto atau video sesuai dengan kebutuhan menggunakan kemampuan saya untuk kemudian dipublikasikan menggunakan caption yang sesuai, dimana kedua hal tersebut harus bisa saya lakukan seorang diri. Tidak mudah, tapi menyenangkan dan membuat saya merasa dihargai dan mampu melakukan hal – hal yang berkesan selama periode internship kali ini.

Selama periode internship tentu tidak hanya kemudahan dan kesenangan yang diperoleh. Menjadi salah satu intern di perusahaan e-commerce, terutama yang menjadi official ticketing partner salah satu perhelatan besar di Indonesia, tidak jarang kesulitan dan kelelahan timbul karena besarnya animo dan kurangnya persiapan dari berbagai pihak. Tiket Asian Games adalah salah satu contoh konkrit mengenai masalah dan kesulitan yang saya hadapi ketika menjalani proses internship di Blibli.com. Banyaknya permintaan yang masuk membuat muncul berbagai sentimen yang kurang baik dalam media sosial Blibli.com, setiap saat, tujuh hari dalam seminggu, tanpa henti. Hal tersebut tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seluruh tim media sosial harus terus menjawab serta menanggapi berbagai sentimen buruk tersebut untuk menghindari jatuhnya image dari Blibli.com sendiri. Tidak ada hari dan waktu tanpa membaca berbagai gunjingan para netizen dan memberikan jawaban yang paling solutif secepatnya dan seperlunya adalah suatu keharusan selama acara akbar tersebut berlangsung.

Rupanya tidak sia – sia, tanggapan yang diupayakan responsive dan solutif dari tim media sosial Blibli.com ternyata disadari oleh para konsumen dan tentunya berbagai media lainnya. Tim media sosialpun sempat menjadi sorotan dalam berbagai headlines sehingga mampu meningkatkan image dari Blibli.com sendiri tentunya. Salah satu sorotan yang diberikan tim media adalah seperti berikut:

serunya magang sebagai mahasiswa komunikasi
sumber: detik.inet.com

Hal – hal kecil tersebut tidak jarang memberikan persaan tersendiri selama menjalani periode magang kali ini. Banyak pelajaran yang saya peroleh seperti yang telah saya jelaskan tetapi perasaan dihargai dan mampu berkontribusi adalah sesuatu yang melebihi ekspektasi saya ketika pertama kali hendak menjalani proses internship. Tidak jarang juga saya melakukan berbagai kesalahan selama proses internship, tetapi hal tersebut tidak pernah membuat saya dikucilkan atau digunjingkan oleh tim. Sebaliknya tim saya terus memberi semangat dan dukungan yang membuat saya ingin terus memberikan dan melakukan yang terbaik. Belajar hal yang teknikal dan mengembangkan banyak hard skillselama periode magang sudah pasti, tetapi lebih dari itu berproses dan bertumbuh di dunia profesional adalah pelajaran yang tidak dapat diperoleh di tempat lain, selain mengalaminya sendiri seperti proses magang dari rangkaian 3+1 ini.

Cynthia Surya Yahya – 1901471093


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close