People Innovation Excellence

Evolusi Oldies Menuju Hypebeast

Penampilan merupakan sebuah hal yang sangat di idam idamkan oleh setiap umat manusia. Kaum adam maupun kaum hawa sudah melihat style tersendiri dan saat ini pun sudah menjadi sarana bagi mereka untuk bergaya. Namun tahukah kalian? Bahwa fashion sudah menjadi trend ada di tahun 1920 dan saat ini fashion pun sudah menjadi hal penting di seluruh dunia. saat itu tahun 1920 gaya fashion di amerika yang cukup terkenal dan sangat mempunyai ciri khas yaitu Melindrosa. Gaya berbusana mereka saat itu pun cukup eye catching karena perempuan disana bergaya yang sangat glamor ini memiliki kebiasaan make-up yang berlebihan mengendarai mobil dan mendengarkan music jazz. Karena itulah perempuan disana di tandai dengan maraknya kartel narkoba yang terkenal yaitu Al Capone. Gaya berpakaian laki laki pun pada tahun tersebut tidak kalah modis nya dengan perempuan. Gaya dengan blaze yang bergaris dan topi jerami sudah menjadi hal populer pada masa tersebut.

Cukup diketahui bahwa gaya berpakaian tahun 1920 sangat identic dengan music jazz sehingga melahirkan sosok Frank Sinatra yang suara emasnya serta gaya berpakaiannya menggemparkan masa tersebut. Tiba tahun 1935 yaitu gaya berpakaian yang sangat kolot atau gaya berpakaian dengan fashion item itu sangat identic dengan jas dan juga dasi kupu kupu yang menjadi pemanis agar terlihat lebih modis kala itu. Tampilan kasual tahun 1945 menjadi sebuah landasan baru bahwa jas yang dipakai di tahun atau era era sebelumnya sudah tidak menjadi trend bagi mereka kaum adam. Namunn mereka tidak melupakan topi fedora dan jerami yang sangat terkenal itu. Setelah kasualitas muncul di tahun 1920-1945 pada tahun 1955 gaya berpakaian ini menjadi hal yang cukup terkenal sampai saat ini dikarenakan gaya berpakaian saat ini masih sangat menjadi gaya berpakaian yang tetap menjadi trend sekali. Gaya berpakaian ini dinamakan greaser style yaitu style berpakaian yang memakai kaus polos dan memakai outer jaket jeans atau jaket denim dan juga memakai celana denim atau jeans serta tidak melupakan esensi terakhirnya yaitu rambut yang dibaluti oleh pomade, sepatu boots atau sepatu kanvas, dan ikat pinggang tetapi ikat pinggang hanya sebuah tambahan saja agar terlihat macho mungkin. Dari gaya greaser tiba gaya berpakaian yang mirip seperti penyanyi legendaris yaitu Elton John yaitu yang ada pada tahun 1965 yaitu gaya berpakaian bebas. Tahun 1975 merupakan gaaya berpakaian yang menghidupkan kembali unsur unsur 1920-1945 yaitu gaya yang menjadi seorang pendatang ke disko gaya groovy dengan jas dan baju atau kemeja dalam yang berantakan merupakan ciri khas pada tahun tersebut.

Begitulah ulasan mengenai perkembangan fashion pria yang sangat modis pada zamannya. Kalau zaman 2010an sampai sekarang semua orang sudah memiliki gayanya sendiri terutama anak muda yaitu gaya street wear. Gaya berpakaian street wear ini cukup sulit untuk di definisikan tetapi mengingat street wear lebih mengingat dengan celana jeans, graphic shirt, snapback, sneakers.

Dari semua gaya berpakaian tersebut terkadang kita berpikir siapa yang menjadi pencetus atau brand mana yang membuat semua ini menjadi nyata dan hidup di era era tertentu. Anak anak muda zaman sekarang maupun lelaki dewasa zaman sekarang sudah sangat maju contohnnya brand Supreme, Stussy, Undefeated. Brand brand inilah yang menjadi sebuah pembangkit dari gaya berpakaian kaum adam maupun kaum hawa. Diawali dengan Supreme brand yang sangat terkenal mahalnya ini tidak hanya mendobrak laman fashion tetapi barang barang kebutuhan contohnya sumpit, perahu kayak, mangkok, koper, piring, gelas, asbak, korek, kapak, dan masih banyak lagi. Mengetahu bahwa harganya sangat mahal atau tidak masuk akal brand ini masih menjadi kebutuhan bagi kaum adam dan kaum hawa buktinya banyak orang orang yang mengincar barang brang ini dari fashion nya hingga barang barang kebutuhannya.

Lanjut lagi ke brand Stussy yaitu brand yang sangat terkenal akan kaus nya dan juga jaket. Mengenal Stussy merupakan brand skateboard. Shawn Stussy yaitu sang pencipta dari brand ini menjual produk dia dengan mobil nya. Tiba waktu untuk brand ini hidup yaitu saat sang pencipta sedang mendaki gunung ia bertemu dengan investor kaya yang sangat dermawan ingin meng-invest uangnya untuk menaikan namanya hingga saat ini brand tersebut cukup terkenal di semua kalangan. Berikutnya adalah A Bathing Ape yaitu brand yang terkenal dengan logo monyet nya menjadi barang yang cukup mahal kala itu dan juga sudah menjadi sebuah barang yang cukup bisa dibilang barang fashion sangat mahal. Dengan logo menarik yaitu logo gorilla dan juga desain hiu di beberapa brand nya sudah menjadi ciri khas bagi brand tersebut. Dengan desain yang menarik seperti itu pun juga sudah meraup banyak penghasilan para fashionkilla zaman sekarang yang tidak mengenal umur maupun batasan. Semua kalangan sangat menyukai brand ini

Setiap perjalanan atau timeline dari sebuah fashion akan selalu berkembang serta berinovasi dan untuk saat ini setiap perjalanan tersebut akan selalu memiliki pemakai fashion yang terbaru baik dari usia muda hingga tua mereka selalu mempunyai selera yang berbeda ada yang memakai fashion lama maupun ada yang memakai fashion baru juga dan itu semua sudah menjadi sirkulasi dari kehidupan sosialita setiap individu. Maka dari itu setiap model yang dipakai memiliki sebuah makna dari segi sosial dan kita harus bisa beradaptasi terhadap perubahan itu.

Javier Rasyad Alfian
2101669480


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close