Alicia Miviolita

(2101699180)

Setiap manusia di dunia ini pasti menginginkan hidup yang sehat. Beberapa tahun belakangan ini, hampir semua orang sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjalani hidup dengan benar. Masyarakat sudah mulai memikirkan bagaimana mengantisipasi berbagai macam penyakit yang ada jika tidak ditanamkan hidup sehat dari sekarang. Tidak sedikit pula kita temukan masyarakat yang sangat antusias untuk menjalankan hidup sehat dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Mereka mulai mencari tahu bagaimana ia bisa memulai pola-pola tersebut dan memahami betul manfaat apa yang di dapat dengan menjalani hidup sehat. Ada juga orang yang sudah terbiasa menjalani hidup sehat karena kebiasaan-kebiasaan yang ditanamkan dari keluarga mereka sejak kecil. Karena bagi orang yang baru mau memulai untuk mejalankan hidup sehat harus memiliki komitmen yang tinggi hingga dapat berjalan dengan stabil. Banyak yang menganggap pola hidup sehat sulit untuk dilakukan, nyatanya banyak sekali cara yang mudah untuk kita lakukan agar dapat menjalani hidup yang sehat, seperti :

  1. Istirahat yang cukup.

Setelah menjalani aktivitas sehari-hari yang melelahkan, tubuh kita pasti membutuhkan istirahat. Manusia membutuhkan sekitar 6-8 jam perhari untuk dapat beristirahat dengan cukup. Jika kita tidak beristirahat dengan cukup maka tubuh kita juga tidak dapat berfungsi dengan maksimal bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit serius seperti jantung dan kanker. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional.

  1. Perbanyak mengonsumsi air putih.

Air mineral memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Setiap orang sangat disarankan mengonsumsi setidaknya 2 liter air putih dalam sehari karena air yang dikeluarkan dalam tubuh kita juga tidak sedikit. Manusia mengeluarkan banyak keringat, urine, dan juga pernapasan perharinya sehingga membutuhkan banyak air yang masuk. Air putih juga dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Hal paling penting jika kita ingin menjalani hidup sehat adalah memerhatikan makanan kita. Makanan yang bergizi seperti rendah gula, kaya serat, dan mengandung banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan memperbanyak makan buah dan sayur membuat tubuh kita lebih sehat karena kaya akan vitamin di dalamnya. Kita juga harus lebih memerhatikan dan mengurangi makanan yang tidak baik bagi tubuh kita seperti makanan yang mengandung pengawet, karena hal itu dapat membahayakan tubuh kita.

  1. Olahraga secara teratur

Dengan melakukan olahraga yang rutin sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Karena dengan berolahraga secara tidak langsung kita dapat menghindar dari beberapa resiko penyakit, memiliki umur yang panjang serta memiliki fisik tubuh yang baik. Dengan berolahraga kita dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita melalui keringat, tidak heran banyak orang tua yang masih senang melakukan olahraga demi kesehatan tubuhnya. Sebaliknya, banyak anak muda yang masih memiliki energi yang cukup namun sangat malas untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan dalam hidup kita. Tidak hanya itu saja, olahraga juga sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan secara sehat.

  1. Selalu berfikir positif

Setelah melakukan hal-hal diatas, hal terakhir yang perlu untuk kita perhatikan adalah selalu berfikir positif. Menghindarkan berfikir negatif sangat berpengaruh bagi jiwa dan raga kita. Karena berfikir positif juga dapat membantu kita untuk memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih bahagia. Kita juga dapat menjadi orang yang lebih produktif.

Jika kita sudah mulai dapat menjalankan cara-cara hidup sehat dengan mudah seperti diatas, maka akan banyak pula manfaat yang berpengaruh bagi tubuh kita, berikut beberapa contoh manfaatnya :

  1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Orang-orang menganggap lebih baik mencegah daripada mengobati, maka dari itu hal ini merupakan tujuan utama bagi orang-orang melakukan hidup sehat. Penyakit kronis seperti jantung, darah tinggi, diabetes, stroke bahkan kanker juga dapat menyerang tubuh kita jika kita tidak menjaganya dengan baik. Menurut Tim Kesehatan dari Mayo Clinic dengan mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh bekerja dengan maksimal, sehingga dapat membuat tubuh menjadi kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan mood

Dengan hidup yang sehat, secara otomatis seseorang dapat merasa lebih  bahagia daripada orang yang tidak menjalankan hidup sehat. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya mood seseorang karena mereka selalu berfikiran positif mengenai hidup mereka.

  1. Bermanfaat untuk kecantikan

Kebiasaan hidup sehat juga dapat berpengaruh pada penampilan dan kecantikan seseorang. Contohnya dengan berolahraga aliran darah dalam tubuh seseorang akan mengalir dengan lancar sehingga membuat kulit kita seperti terlihat lebih terawat. Tidak hanya itu, hidup sehat juga dapat berpengaruh agar wajah anda tampak lebih awet muda karena banyaknya vitamin yang masuk ke dalam tubuh anda.

  1. Mengontrol berat badan

Dengan menjaga makan secara benar dan teratur, kebiasaan ini juga dapat membuat berat badan lebih terjaga. Karena orang yang menjalankan hidup sehat juga akan membatasi makan makanan yang mengandung banyak lemak, gula dan kolestrol. Hal ini sangat berpengaruh bagi kestabilan berat tubuh anda.

  1. Selalu fit dan dapat memperpanjang usia

Setiap orang pasti menginginkan umur yang panjang sehingga ia menjalankan hidup sehat agar tetap fit dan hidup lebih bahagia, inilah tujuan utama orang menjalankan hidup sehat. Selama 8 tahun terakhir, American Council meneliti sebanyak 13.000 orang berhasil membuktikan dapat menjalankan hidup sehat dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Inilah alasan utama orang-orang mulai melakukan pola hidup sehat karena mereka ingin hidup lebih lama di dunia.

Jadi tunggu apa lagi guys? Sangat mudah untuk kita memulai melakukan pola hidup sehat dengan hal-hal diatas. Tentu sangat menguntungkan bagi kita di kemudian hari lho!