Ngerasa ga sih kalo Sehat itu mahal? Yap, karena banyak di luar sana yang menderita macam macam penyakit, selagi masih bisa beraktivitas dengan lancar gak ada salahnya loh kita memperbaiki gaya hidup dengan memulai hidup sehat dari sekarang.  Ada beberapa tips nih buat kalian yang mau memulai hidup sehat! Sebelum baca tips tips di bawah ini, sebleumnya saya mempunyai kesempatan untuk mewawancari orang orang terdekat saya, apakah mereka sudah memulai hidup sehat?

 

A: Halo, sebelumnya terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk saya wawancarai, bisa kasih tau nama kamu?

D: halo, nama aku Dania, iya sama sama

A: Dania, aku mau tanya nih. Menurut kamu, hidup sehat itu apasih?

D: Hidup sehat menurutku adalah rutin olahraga, jam istirahat yang cukup, dan mengurangi makanan makanan yang tidak sehat.

A: Apakah kamu sudah menjalankan hidup sehat untuk sekarang?

D: hmm, aku sudah sedikit memulai hidup sehat dengan cara mengurangi makanan yang kurang sehat, karena dari yang aku ketahui orang orang terkena penyakit itu berasal dari makanan, sehingga aku mau menghindari makanan yang kurang sehat untuk diri aku sendiri, kalo bukan diri sendiri siapa lagi?

A: oooh seperti itu yaa, berarti menurut pandangan kamu hidup sehat itu penting?

D: iyaa menurutku hidup sehat itu penting untuk diri sendiri apalagi, biar ngga nyusahin orang lain kalo kita terkena penyakit.

A: waah terimakasih dania, atas jawaban kamu berikut sangat memotivasi loh!

D: Iya sama sama!

 

Nahh, berikut hasil wawancara saya dengan orang terdekat, jadi menurut Dania hidup itu sehat! Jadi kalian harus memulai hidup sehat dari sekarang ya! J

  1. Memilih makanan sehat

Makanan sehat itu yang kayak gimana sih? Kalian bisa menkonsumsi makanan yang berlemak sehat serta lemak baik. Lemak baik ini bisa menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Contohnya kalian bisa mengkonsumsi ikan, karena ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Pilihlah ikan seperti salmon, tuna, trout, makerel, dan haring.

Selain itu juga kalian  bisa mengurangi makanan fast food dan lebih banyak mengkonsumsi fresh food.

Fresh food bisa memenuhi keseimbangan antara karbohidrat sehat, protein, lemak, dan nutrisi lain.

Makan buah dan sayur untuk mendapat vitamin dan mineral tinggi. Usahakan makan banyak buah dan sayur segar, bukan dalam kemasan kalengan yang biasanya mengandung gula atau garam tambahan. Pilih juga daging tanpa lemak, kacang, dan tahu untuk mendapatkan protein.

  1. Melakukan Olahraga

Olahraga ini banyak banget manfaatnya diantaranya itu bisa memperpanjang umur kita loh, untuk olahraga kita harus meluangkan waktu selama 150 perminggunya Blisteners. Oiya, olahraga ga harus ketempat tempat fitness kok. Kalian bisa lakuin juga di rumah seperti workout, lari di sekitaran rumah kalian dan juga bisa naik sepeda ngelilingin komplek. Santai tapi bisa tetep sehat, bukan?

Selain itu juga kalian bisa olahraga sekaligus ber rekreasi loh, contohnya kalian bisa pilih buat coba Ice Skating, sekarang sudah banyak tempat Ice skating yang bisa dipilih, seperti di Skyrink Mall Taman Anggrek dan buat kalian yang tinggal di daerah Tangerang juga bisa ke Skyrink Mall Bintaro Exchange, yang biasa disebut BXC.

Oiya, satu lagi nih! Hal yang mungkin kalian sering lakukan, yaitu Olahraga Renang? Pastinya kalian suka, bukan? Karena olahraga yang satu ini selain menyenangkan juga punya banyak manfaat, buat kalian yang mau meninggikan badan!

Bukan hanya itu aja, kalian juga bisa pilih olahraga seperti Bowling, dan juga Golf loh, di Jakarta pun juga sudah banyak Lapangan golf yang tersedia, walaupun kalian harus mengeluarkan uang tetapi itu sepadan dengan hasil yang kalian dapat!

  1. Hindari Kebiasaan Tidak Sehat
  • Hindari diet yoyo.Wah diet yoyo sering banget terjadi sama orang orang yang abis melakukan diet ketat, sehabis berhasil menurunkan berat badan dengan perbaikan gaya hidup, pertahankan, jangan sampai berat badan naik turun kayak yoyo ya!

 

  • Hindari rokok dan alkohol.Merokok dengan berbagai resiko kesehatan, termasuk penyakit jantung dan lever, serta banyak tipe kanker. Alkohol juga diasosiasikan dengan risiko kesehatan, termasuk penyakit lever, kanker, penyakit jantung, keracunan alkohol, dan depresi. Selain itu dampaknya juga gak cuma buat kalian sendiri, kalian bisa menularkan ke orang orang terdekat, termasuk orang orang yang kalian saying.

 

 

 

  • Jangan tidur larut malam. Orang dewasa harus berusaha tidur 7–9 jam per malam. Anak-anak dan remaja membutuhkan tidur yang lebih banya, sedangkan anak usia sekolah membutuhkan 9–11 jam, dan sedangkan remaja membutuhkan 8–10 jam.

 

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh sebenarnya sangat penting.  Salah satunya kalian harus banget mandi setiap hari, selain ngebuat badan kalian jadi fresh mandi juga bisa mengurangi bau badan, jerawat pada kulit dan penyakit kulit lainnya. Setelah mandi setiap hari, kalian juga harus pakai pakaian bersih karena juga bisa melihatkan penampilan kalian makin kece.

 

Nah selain itu juga kalian harus peka dengan kebersihan tubuh kalian, seperti mencuci tangan sebelum makan, istirahat yang cukup,

 

Gimana nih tips tips di atas, mudah bukan buat hidup sehat? Jangan lupa lakuin tips tips di atas ya!