Yuk Mengenal dan Belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Lebih Dalam !!

Bahasa isyarat adalah bahasa yang umum digunakan oleh orang tuli ketika berkomunikasi satu sama lain. Orang tuli cenderung digunakan untuk menandatangani bahasa. Manusia memiliki kesadaran untuk dapat berkomunikasi atau menyampaikan ide atau ide dengan cara apa pun.

Ada banyak cara untuk berkomunikasi, misalnya dengan membaca bibir, menulis, memberi isyarat, dan memberi isyarat. Bahasa isyarat adalah salah satunya, bahasa ini datang secara alami. Dengan kata lain bahasa isyarat merupakan adaptasi dari bahasa lisan yang tidak bisa mereka lakukan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa isyarat berarti bahasa yang tidak menggunakan ucapan manusia atau bunyi tulisan dalam sistem simbolnya. Bahasa isyarat adalah bahasa yang menggunakan gerakan tangan, kepala, tubuh dan sebagainya, terutama diciptakan oleh orang tuli dan untuk orang tuli (kadang-kadang untuk pendengar). Di setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa isyarat sendiri, bahasa isyarat dari satu tempat ke tempat lain sangat berbeda. Mereka mengalami kesulitan memahami bahasa isyarat yang berbeda. Oleh karena itu, ada ide untuk membuat bahasa isyarat Indonesia, yang disingkat sebagai BISINDO.

Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) diharapkan menjadi bahasa isyarat nasional dan bahasa Indonesia secara umum. BISINDO juga memiliki tata bahasa sendiri yang saat ini bisa kita pelajari dari media atau pun orang yang berepngalaman tentang Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Lalu mengapa kita harus belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)? Berikut ialah alasan mengapa kita harus belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) :

1.      kita dapat memberikan rasa peduli kepada teman-teman kita yang tuli Indonesia sangat lah minim yang namanya mengenal atau mengetahui Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Dengan kita belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) kita bisa memberikan rasa peduli terhadap Teman – teman kita yang tuli. Mereka sebagai teman tuli juga akan senang jika mereka memiliki teman dengar yang mengerti bahasa mereka dan kebanyak dari mereka pasti menganggap hidup mereka berat dikarenakan jarangnya teman yang tidak mengerti bahasa mereka. Dengan kita belajar bahsa mereka kita akan menjadi teman dengar yang bisa membuat mereka memiliki semangat hidup kareana mereka merasa bahwa mereka ialah seperti manusia normal yang tidak dikesampingkan.

2.      kita juga bisa menggunakan bahasa itu dalam banyak hal seperti olahraga scuba diving Sebagai manusia kita pasti memiliki yang namanya hobby. Salah satunya ialah olahraga, olah raga sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu olahraga yang cukup banyak orang ketahui ialah Scuba Diving. scuba diving  adalah penggunaan alat pernapasan bebas untuk berada bawah air dalam waktu lama untuk penyelaman rekreasi dan penyelaman profesional. Biasanya penyelam berenang di bawah air, namun berjalan dan penggunaan kendaraan propulsi penyelam juga dimungkinkan. Cara kita untuk berkomunikasi dibawah laut tidak memungkinkan kita menggunakan suara tetapi kita menggunakan bahasa isyarat. Maka dari itu bahasa isyarat sangatlah berguna jika kita melakukan Scuba Diving  tersebut.

3.      kita memiliki bahasa baru atau bahkan bahasa khusus karena tidak semua orang bisa menggunakan bahasa ini Dengan hal ini, kita bisa memiliki kemampuan khusus yang dapat berguna dimasa yang akan datang, karena masih sedikitnya orang yang mau belajar dan mengerti tentang bahasa isyarat ini. Terkhususkan kepada Bahasa Isyarat Indonesia atau yang kita sebut dengan BISINDO. Dan dengan belajar bahasa baru kita juga dapat melatih otak kita serta menambah pengalaman baru dalam hidup kita. Kita juga bisa memperluas sistem komunikasi kita dan memperluas hubungan serta memperluas jaringan pertemanan yang mungkin suatu saat kita perlukan

  1. Sedikitnya penerjemah bahasa isyarat

Semua orang tentu memiliki hak yang sama untuk menerima pelayanan dan mengembangkan dirinya, namun minimnya penerjemah bahasa isyarat di, misalnya, tayangan berita di televisi, seminar, dan konferensi bisa menghambat masyarakat tuli untuk meraih hak mereka. Karena dijaman milenial sekarang ini banyak sekali anak muda dan orang tua yang mulai tidak peduli dengan teman – teman kita yang tuli ini. Sehingga banyak sekali yang kurang tertarik dan tidak ingin belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sehingga kurangnya penerjemah bahasa isyarat.

  1. menambah pengalaman dan teman baru

Belajar bahasa isyarat juga bisa memperluas pertemanan. Anda jadi bisa mengobrol lebih dalam dengan orang-orang tuli tanpa harus kikuk atau bingung. Dan, pasti mereka akan senang sekali untuk membantu anda bila di tengah-tengah percakapan anda lupa isyaratnya. Berbicara dengan mereka akan membuka pemikiran dan sekaligus menyadarkan Anda bahwa masih banyak hal di dunia ini yang belum Anda ketahui secara bijaksana. Dan, jika anda berbicara dengan mereka secara tidak langsung anda juga peduli akan mereka dan mereka akan melakukan hal yang sama terhadap kita. Pengalam seperti ini juga masih jarang orang yang mau mengambilnya karena malas atau pun tidak tertarik.

Dari alasan – alasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa belajar bahasa isyarat terkhususkan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sangatlah berguna. Kita dapat mempelajari bahasa tersebut terutama Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) bisa dengan beberapa cara. Berikut adalah cara untuk mempelajari bahasa isyarat :

  1. Beli kamus bahasa isyarat

Kamus merupakan alat yang sering kita gunakan untuk belajar suatu bahasa. Bahasa isyarat pun memiliki kamus, kamus BISINDO dan kamus ASL bisa menjadi pilihan untuk memiliki kamus bahasa isyarat. Kamus tersebut sudah tidak diragukan lagi dan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamus yang bagus akan membolehkan Anda mencari isyarat yang tidak Anda mengerti, dan juga memberikan bahan pembelajaran. Cari lah kamus yang memiliki contoh serta ilustrasi yang baik sehingga anda mudah untuk mengerti.

  1. Mengikuti kelas bahasa isyarat

Kelas merupakan tempat yang familiar untuk kita belajar sesuatu. Karena dari sejak kecil kita sudah mengenal bahwa yang namanya kelas itu ialah ruangan untuk belajar dan secara tidak sadara belajar dikelas akan membuat kita lebih konsentrasi disbanding kita belajar diluar kelas. Susana kelas juga akan memberikan anda pengalaman dengan sesame yang belajar bahsa isyarat tersebut. Dari situ juga kita dapat mengenal banyak teman dan dapat bertukar pikiran. Di Indonesia sendiri kelas seperti ini masih sangatlah minim maka dari itu alternatif lainnya ialah kita belajar dalam suatu komunitas yang bergerak peduli dalam bahsa isyarat atau biasa kita sebut teman dengar.

  1. Beli buku atau beberapa panduan mengenai bahasa isyarat

Panduan belajar akan menyediakan lebih banyak instruksi dibandingkan kamus, dan akan membantu anda belajar percakapan dasar serta struktur kalimat. Dan dilaam panduan belajar anda juga mendapatkan banyak ilustrasi mengenai bahsa isyarat serta informasi yang lebih lengkap dibandingkan kamus.

  1. Cari sumber online mengenai bahasa isyarat

internet bisa menyediakan banyak informasi mengenai berisyarat, cara berisyarat, budaya tuna rungu, dan banyak lagi. YouTube merupakan host untuk banyak video isyarat yang dipublikasikan sendiri. Namun ingatlah dengan apapun di internet, siapapun bisa membuat sesuatu tak peduli apakah mereka benar-benar tahu apa yang mereka lakukan. Waspada akan informasi salah dan teknik yang tidak tepat. Jadi jika ingin mencari sesuatu mengenai informasi ini carilah dari sumber yang memang sudah bisa dipercaya. Salah satu contohnya ialah “Kamus BISINDO”.

  1. Berbicara atau melatih bersama orang atau teman tuli

Tujuan belajar BISINDO adalah mampu berkomunikasi fasih dengan seseorang yang tuna rungu. Setelah Anda mulai merasa nyaman dengan perkataan dasar, usahakan berinteraksi dengan seseorang dari komunitas tuna rungu. Dengan cara ini kita bisa melatih tata bahasa kita serta kemampuan kita dalam berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Dari semua hal diatas, alangkah baiknya kita sebagai manusia normal mulai mengenal dan mempelajari yang namanya bahasa isyarat. Jadilah, teman dengar bagi para teman tuli kita karena dari situ kita sudah melakukan hal yang mungkit berguna bagi kita dimasa datang dan hormat serta peduli terhadap sesama maupun lingkungan sekitar.

ADI KURNIATAMA PUTRA 2101691890