Seperti yang kita tahu di jaman sekarang media sosial menjadi salah satu kebutuhan dalam menjalani hidup. Dari tahun ke tahun bentuk dari sebuah media sosial semakin bervariasi, mulai dari media sosial yang bernamakan My Space yang dibentuk oleh Thomas Anderson dan Christopher DeWolf, yang diluncurkan pada tahun 2003 bulan Agustus. Di lanjutkan oleh kemunculan media sosial baru atau dapat dikatakan munculnya saingan dari My Space yaitu Facebook (yang dibentuk oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Mozkovit dan Chris Hughes) pada tahun 2004 bulan Februari.

kemudian munculah sebuah aplikasi media sosial lagi bernama Twitter pada tahun 2006. Penemu Twitter ini terdiri dari 4 orang, yaitu : Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone dan juga Evan Williams. Pada tahun 2010 munculah media sosial lain yang bernama Path dan dibentuk oleh 3 orang, yaitu : Dave Morin, Shawn Fanning, dan juga Dustin Mireau. Setelah Path, munculah media sosial lainnya yang dimana di era sekarang sangat banyak pengguna nya dan masih sangat aktif, yaitu : Instagram, Intagram pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010. Pemilik dari aplikasi Instagram ini sendiri ialah perusahaan Facebook. Instagram ditemukan oleh 2 orang, yaitu : Kevin Systrom dan juga Mike Krieger. Dan terakhir, media sosial yang cukup terkenal muncul pada tahun 2011, yaitu Snapchat. Snapchat ini dibentuk/ditemukan oleh 3 mantan murid Univesitas Stanford : Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown.

Media social Di awali dengan kemunculan My Space pada tahun 2003. My Space dulunya adalah sebuah situs jaringan sosial terbesar pada tahun 2005 hingga 2009. Aplikasi media sosial My Space ini juga menawarkan penawaran yang menarik bagi penggunanya, seperti pengguna dapat menjadi lebih berinteraktive, membuat akun profile pribadi, blog, grup, dan video dsb. Aplikasi My Space memiliki pengaruh terhadap dunia budaya pop dan musik, dan juga My Space menciptakan sebuah platform gaming yang dimana mensukseskan game yang bernama “Zynga and Rock You”.

Meskipun sebagian besar user mulai meninggalkan namun pada tahun 2015 aplikasi My Space ini masih memiliki 50,6 juta pengunjung pada setiap bulannya dan memiliki 1 milyar pengguna yang aktif dan tidak aktif.

Jika kita mendengar kata Facebook di benak kita langsung terpikir Mark Zukerberg. Padalah pendiri/ penemu Facebook tidak hanya Mark, tetapi ada 4 orang lain lagi di balik munculnya Facebook tersebut. Aplikasi Facebook ini dapat di akses melalui banyak perangkat, seperti dari komputer, handphone, tab dsb. Untuk bergabung menjadi pengguna Facebook, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dalam proses mendaftar menjadi salah satu pengguna Facebook, anda harus membuat akun anda sendiri. Akun dalam Facebook beirisikan informasi pribadi anda, mulai dari nama, tempat/tanggal lahir, sekolah/kuliah/kerja apa dan dimana, dsb. Dengan membyat akun tersebut anda dapat dinyatakan resmi menjadi salah satu pengguna media sosial Facebook.

Di dalam Facebook ini pengguna dapat menambahkan teman, bertukar pesan hingga memposting status dan foto maupun sebuah video dapat di unggah oleh pengguna. Tidak hanya dapat melakukan hal yang disebut di atas, pengguna jaringan sosial Facebook juga dapat bergabung dengan sebuah forum atau grup yang dimana dibentuk oleh pengguna Facebook lainnya dan menjadi sebuah komunitas, seperti contoh “Komunitas Pecinta Motor Besar”. Para pecinta motor besar dapat membuat suatu forum di Facebook yang dimana berisikan orang – orang yang sama – sama menyukai motor besar dan hal – hal yang berhubungan dengan motor besar. Keuntungan lain dari Facebook ialah sebagai pengguna Facebook anda dapat memblokir orang – orang yang anda rasa cukup menganggu atau tidak pantas untuk berada di Facebook.

Twitter awalnya dikenal sebagai jaringan berita media sosial Amerika yang dimana para penggunanya dapat memposting dan berinteraksi dengan sesama  pengguna twitter yang diberi sebutan “Tweet”. Pada awalnya kolom Twitter membatasi tweets yang di tulis, yaitu 140 character saja. Perusahan Twitter ini berbasis di Sans Fransisco, California dan juga memiliki kurang lebih 25 kantor Twitter di seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 2006 Twitter ditemukan oleh 4 orang, yaitu : Jack Dorsey, Evan Williams, Noah Glass, dan Biz Stone. Dan pada bulan Juli di tahun 2006 itu juga Twitter di rilis. Pada tahun 2012 Twitter menjadi media sosial yang sangat populer. Hal tersebut di tahun 2012 itu 100 juta pengguna twitter membagikan postingan/men tweet yang sejumlah 340 tweet per hari. Twitter juga menjadi sebuah forum debat dan menjadi sumber berita politik di Amerika Serikat, terutama pada tahun 2016 saat pemilihan presiden AS.

Tidak lama setelah kemunculan Twitter munculah sebuah aplikasi media sosial lain yang bernama Path. Aplikasi Path ini ditemukan oleh 2 orang, yaitu Shawn Fanning dan mantan eksekutive produser Facebook Dave Morin. Perusahaan Path ini terdapat di San Fransisco, California. Path adalah sebuah aplikasi media sosial yang dimana digunakan untuk membagi foto maupun sebuah pesan. Layanan yang ditwarkan Path bagi penggunanya adalah ia dapat membagikan foto maupun pesan kepaa 500 pengguna lainnya (teman dekat maupun keluarga).

Pengguna Path dapat memperbaharui status mereka atau menambah poatingan mereka dengan cara mempost sebuah foto atau pesan. Tiak hanya itu, pengguna Path dapat juga men “tag” atau menandai tempat atau orang yang sedang bersamanya di foto yang mereka unggah di Path. Pada awalnya Path memiliki batasan untuk untuk setiap penggunanya, yaitu hanya 50 orang saja setiap pengguna Path dapat menambahkan teman. Lalu tidak lama, Path menaikan batasan menjadi 150 dan setelahnya Path menghapus jumlah batasan untuk selamanya (jadi tidak memiliki batas dalam menambah teman).

Sayangnya pada 17 September 2018 kemarin Path mengungumkan bahwa dalam jangka waktu yang singkat Path sudah tidak dapat digunakan/di download. Path secara resmi tidak akan dapat dipakai lagi maupun ditemukan di Playstore/Google Store/sebagainya. Jadi, pada tanggal 18 Oktober 2018 Path resmi sudah menghilang dan tidak dapat lagi digunakan.

Media social lainnya yang terkenal selain Facebook adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial yang dimana hingga saat ini masih sangat aktif dan penggunanya semakin bertambah. Instagram atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan IG pertama kali ditemukan oleh 2 orang, yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger pada. Instagram pertama kali diluncurkan di IOS pada bulan Oktober tahun 2010. Lalu tepat 1 tahun 6 bulan setelah Instagram diluncurkan di IOS, Instagram diluncurkan di Androids pada bulan April 2012.

Setelah diluncurkan pada tahun 2010, Instagram dengan cepat mendapatkan popularitas, dengan satu juta pengguna terdaftar dalam dua bulan, 10 juta dalam setahun, dan akhirnya 800 juta pada September 2017. Pada bulan April tahun 2012, Facebook memperoleh layanan untuk sekitar US $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan stok. Hingga Oktober 2015, lebih dari 40 miliar foto telah diunggah ke layanan. Meskipun dipuji karena pengaruhnya, Instagram telah menjadi subyek kritik, dikarenakan adanya beberapa pengguna yang menyalahgunakan pemakaian Instagram atau menyebar konten – koten yang tidak pantas untuk di unggah ke laman Instagram.

Aplikasi Instagram ini mengharuskan pengguna untuk membuat akun ( seperti aplikasi media sosial lain di atas yang sudah di bahas) agar bisa dapat dikatakan menjadi pengguna resmi Instagram. Di dalam Instagram ini pengguna dapat menggugah foto dan video. Foto yang di unggah pun dapat di edit terlebih dahulu di Instagram (terdapat fitur mengedit di Instagram sebelum memposting). Sebagai pengguna Instagram anda dapat mengatur akun anda menjadi akun private atau terbuka untuk umum. Apa itu maksudnya bisa menjadi akun private? Jadi sebagai pengguna Instagram, jika anda memilih untuk membuat akun anda private maka jika ada orang ingin memfollow atau mengikuti anda di Instagram anda dapat memilih untuk menerima atau menolak permintaan pertemanan/orang tersebut mengikuti akun Instagram anda. Dan jika anda memutuskan anda membuat akun anda untuk umum, maka siapapun dapat mengikuti akun instagram anda.

Aplikasi Instagram ini juga mengalami beberapa perubahan baru seiring bergantinya tahun. Sekitaran tahun 2016 – 2017 Instagram mengeluarkan beberapa fitur baru bagi penggunanya. Yang pertama adalah Instagram mengeluarkan fitur Instagram story atau yang biasa sering disebut Instastory/IG story. Fitur ini mengijinkan pengguna untuk dapat memposting post singkat (foto atau video). Di dalam fitur IG story ini terdapat beberapa pilihan, seperti: live, normal, boomerang, rewind dan juga hands free.  Tidak sampai situ, Instagram pun sekarang memiliki fitur yang dimana anda dapat video call dengan sesama pengguna Instagram juga. Dengan banyaknya update’an fitur dalam Instragram, hal tersebut mempengaruhi jumlah pemakai Instagram. Semakin banyak pengguna Instagram.

Instagram pada jaman sekarang ini tidak hanya digunakan sebagai akun untuk menyebar gambar atau foto pribadi. Dapat dilihat, di dalam Instagram saat ini banyak dipergunakan untuk berjualan online. Jadi pada jaman sekarang ini Instagram tidak hanya untuk pengantar komunikasi lewat media tetapi juga dapat membantu keadaan ekonomi seseorang.

Aplikasi media sosial lain yang juga banyak dipakai orang bernama Snapchat. Snapchat adalah salah satu aplikasi media sosial yang dipergunakan untuk berkomunikasi di dunia maya. Snapchat ditemukan oleh 3 orang, yaitu: Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan juga Reggie Brown. Ketiga orang ini adalah mantan mahasiswa di Universitas Stanford. Aplikasi Snapchat ini memiliki beberapa fitur, salah satunya ialah jika anda mengirimkan pesan foto maupun gambar atau video, hal tersebut hanya akan bertahan selama beberapa detik sajanlalu setelah itu tidak dapat diulang untuk dilihat kembali.

Di dalam aplikasi Snapchat ini awalnya hanya bisa untuk membagikan foto, tapi sekarang di Snapchat anda dapat membagikan sebuah “kisah” kepada teman – teman anda. Dalam mengambil video maupun gambar, Snapcht menyediakan fitur effect. Apa itu fitur effect? Fitur effect pada Snapchat menyediakan efek – efek yang lucu yang mengharuskan mendeteksi muka anda. Seperti salah satu efek yang dulu sempat trend saat pertama kali Snapchat muncul adalah efek anjing yang menggemaskan. Jadi efek muka anjing tersebut adalah dimana di muka anda di layar Snapchat akan bertambah kuping seperti anjing dan jika anda membuka mulut anda maka sebuah efek sebuah lidah panjang akan menjulur keluar dari mulut anda. Ada juga efek yang dimana jika anda membuka mulut anda, maka anda akan terlihat seperti memuntahkan sebuah pelangi yang gemerlap.

Jadi dari sekian banyak aplikasi media sosial yang sudah di bahas di atas, dapat diketahui banyak sekali variasi macam media sosial. Dari tahun ke tahun pun media sosial bertambah dan muncul dengan berbagai bentuk yang unik. Tidak hanya bentuk, tetapi symbol dari aplikasi media sosial sendiri itupun juga unik – unik. Fitur yang terdapat di setiap aplikasi media sosial tersebut juga unik – unik dan menampilkan ciri khas dari aplikasi tersebut masing – masing. Karena hal tersebut pada jaman sekarang banyak orang tertarik untuk berkomunikasi lewat dunia maya dikarenakan aplikasi – aplikasi untuk berinteraksi di dunia maya menarik – menarik dan gratis untuk di unggah di play store atau google store.

SAMANTHA DELFINA ATMADJA (2101640271)