People Innovation Excellence

Menghafal susah masuk otak? Coba yuk 3 tips berikut!

Hai para pelajar! Pastinya bagi kamu yang masih berprofesi sebagai pelajar sudah biasa dengan keseharian yang selalu menghafal. Menghafal adalah kegiatan penyimpanan informasi ke dalam memori manusia. Biasanya, kegiatan menghafal yang paling sering dilakukan oleh pelajar adalah menghafal materi presentasi dan ujian.

Pelajar, yakni mereka yang tengah belajar khususnya mahasiswa, seringkali dituntut untuk menghafal materi presentasi dan harus mempresentasikan materi tanpa membaca secara text book. Menguasai materi tidak hanya ada dalam konteks presentasi, namun juga pada ujian. Pelajar memiliki metode menghafal yang berbeda-beda, ada yang menghafal dengan metode menyicil ataupun metode sistem kebut semalam, maksudnya, ketika besok ujian, semua materi dihafalkan sekaligus pada malam sebelum ujian. Metode yang digunakan tentunya dianggap sebagai metode yang paling cocok, baik metode nyicil atau metode kebut, semua sesuai dengan pribadi setiap pelajar.

Pada sisi lain, tidak sedikit pelajar yang kesulitan dalam menghafal materinya sehingga tidak dapat mencapai hasil maksimal dalam akademis. Bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam menghafal, coba perhatikan 3 tips berikut:

 

  1. Menulis Ulang

Ya, tips untuk menghafal dengan cepat adalah dengan menulis ulang materi pembelajaran kalian. Tapi ingat, menulis ulang ini menggunakan tulis tangan, bukan lewat ketikan. Dengan menulis ulang, kalian dapat menghafal lebih cepat.

Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebut, kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

 

 

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berujar, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan akan mampu mengingat pelajaran lebih lama. Sebab, menurut mereka, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan.

Selain itu juga, dengan menulis ulang maka kalian otomatis akan membaca tulisannya lebih lama dan bertahap. Kalian akan membaca beberapa kata, mengingatnya, kemudian menuliskannya kembali, sehingga akan membuat  lebih cepat mengingatnya.

 

  1. Membuat Kata Kunci

Tips kedua adalah membuat kata kunci. Ketika kalian mencoba menghafal materi, kalian perlu membacanya dan membuat kata kunci. Dengan membuat kata kunci, maka materi yang perlu dihafalkan menjadi lebih singkat dan mudah diingat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa, pelajar cenderung malas apabila materi yang perlu dihafalkan sangat banyak atau sangat panjang. Mereka cenderung tidak semangat dan merasa “tidak mampu” menghafal materi yang begitu banyak. Namun dengan kata kunci, kalian akan semangat membacanya, karena singkat dan mudah diingat.

Selain dapat menghafal dengan mudah, kalian betul-betul memahami materi tersebut. Tidak sedikit loh pelajar yang sekedar menghafal tapi tidak betul-betul memahami materinya!

 

  1. Belajar Berkelompok

Belajar berkelompok akan membuat kalian mengingat dan memahami materi dengan mudah. Sebab, dengan teman, kalian akan menemukan metode belajar yang pas dan menyenangkan.

Selain itu, bila tak mengerti, kalian dapat meminta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menerangkannya. Dijelaskan oleh

 

 

 

teman seumuran biasanya lebih mudah dipahami karena jalan pikiran dan bahasa yang digunakan cenderung sama.

Manusia cenderung mengingat apa yang disampaikan oleh orang dibandingkan buku yang pernah dibaca. Oleh karena itu, tips ini sangatlah cocok untuk pelajar yang kesulitan dalam menghafal.

 

Demikian tips-tips yang bisa kamu pakai untuk cepat menghafal, semoga dapat membantu sobat pelajar! Ingat, menghafal itu gampang loh, asalkan cara kamu sesuai, semangat sobat pelajar!

 

sSumber : https://www.idntimes.com/life/

 

( IRENE FORTUNA EDISON – 2101633386 )


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close