Dewasa ini, fashion tengah menjadi sorotan dan mulai menjadi sebuah aspek penting dalam kehidupan, tidak hanya berlaku untuk kalangan remaja, tetapi juga berlaku untuk kalangan orang tua, bahkan anak kecil sekalipun. Produk-produk fashion internasional seperti Gucci, H&M, Supreme, Bape, dan lainnya tengah mendominasi pasar fashion. Tetapi, para kreatif-kreatif muda Indonesia tidak ingin hanya berdiam diri dan membiarkan produk fashion internasional mendominasi negaranya. Mereka mulai berkarya, menghasilkan produk produk berkualitas dan membangkitkan kembali dominasi produk fashion lokal yang sempat terkubur diantara produk – produk unggulan internasional.

Tak dapat dipungkiri, para kreatif muda Indonesia memang masih perlu berjuang untuk menyaingin produk – produk luar negeri, namun dengan berbekal kreativitas dan semangat tinggi untuk memajukan produk lokal, mereka mulai menyediakan produk-produk lokal ready-to-wear dengan lebih berani dan harga yang terjangkau. Produk-produk fashion lokal cenderung memiliki karakternya masing – masing, yang mana membuat produk-produk tersebut menjadi unik dan turut membuat nuansa fashion Indonesia beragam. Hal-hal seperti ini memicu hadirnya concept store yang turut mendukung produk lokal dan membantu pemasaran produk lokal dengan sangat signifikan.

Kehadiran concept store yang tengah populer di kalangan muda saat ini, seperti Mazee dan The Goods Department Store, juga department store yang memfasilitasi desainer lokal, termasuk portal belanja daring untuk produk high fashion lokal seperti Scallope.com, punya kontribusi besar untuk mendekatkan produk fashion lokal kepada masyarakat luas.

Sumber : www.cnnindonesia.com

Presiden Jokowi Menggunakan Produk Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuktikan kepada dunia bahwa produk lokal indonesia memiliki kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau. Tidak hanya melalui perkataan, beliau juga membuktikannya dengan menggunakan berbagai macam produk lokal mulai dari sarung, jaket, bahkan sepeda motor sekalipun. Jokowi tidak semata – mata memakai produk lokal demi penampilannya sendiri. Dibalik itu, ada pesan yang ingin disampaikan oleh Jokowi kepada masyarakat luas, yakni untuk mencintai produk dalam negeri.

 

  1. Jokowi Menggunakan Sneakers Buatan Bandung

Pada hari senin (23/7/2018), Jokowi menggelar pembicaraan yang amat penting dengan sejumlah pimpinan partai politik, karena berkaitan dengan situasi politik di Indonesia menjelang Pilpres 2019. Namun, ada satu hal yang menarik perhatian masyarakat disamping dari diskusi tersebut. Berdasarkan dari sebuah foto yang beredar, masyarakat melihat Jokowi menggunakan sepatu sneakers berwarna hitam yang kini diketahui bahwa sepatu itu adalah sepatu produksi lokal yang dibuat di Bandung, Jawa Barat. Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui bahwa sepatu tersebut khusus dipesan Jokowi dari sebuah produsen sepatu asal Bandung, Nah Project. Hal tersebut dibenarkan oleh CEO Nah Project, Rizky Arief, bahwa pada hari jumat (20/7/2018) dirinya dihubungi oleh salah seorang staf Sekretaris Negara yang bernama Tedi untuk mengirim sepatu ke Istana Negara. CEO Nah Project tersebut menceritakan bahwa mereknya baru berdiri 10 bulan lalu dan merupakan kebanggaan tersendiri produk mereka menjadi salah satu pilihan Presiden Joko Widodo. Sepatu dari Nah Project tersebut juga diapak Jokowi saat datang ke acara We the Fest 2018.

  1. Jokowi Membeli Motor Chopper Rakitan Lokal

Presiden Jokowi membeli satu unit motor Royal Enfield Bullet 350cc chopper style hasil rakitan modifikator Elders Garage. Adrianka, salah satu pemilik Elders Garage mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat menyukai motor yang berwarna emas itu, Jokowi jatuh hati pertama kali pada motor itu pada Oktober 2017. Adrianka menerima uang sejumlah Rp140 juta rupiah untuk sepeda motor berwarna emas tersebut beberapa hari setelah acara tersebut digelar. Salah seorang pria yang mengaku dari Sektretariat Presiden menghubungi bengkel, ia mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi berniat membeli salah satu motor chopper.

  1. Jaket Custom Lokal Jokowi

Never Too Lavish, adalah sebuah workshop yang memanfaatkan keahlian menuangkan seni lukisan tangan kedalam sebuah produk fashion. Jokowi pernah memesan dan menggunakan jaket jeans dari Never Too Lavish. Pemilik workshop Never Too Lavish, Bernhard Suryaningrat, atau akrab disapa Abeng, mengatakan bahwa jaket yang disiapkan untuk Jokowi berbahan denim alias jeans, yang kemudian dilukis oleh Abeng khusus untuk Jokowi. Jaket hasil lukisan Abeng kerap digunakan Jokowi dalam beberapa kegiatan dan acara – acara yang dihadiri oleh Jokowi.

Fashion Influencer, Ekspresi Melalui Gaya Pakaian

Sosok influencer dalam industri fashion kerap memberikan kontribusi mereka melalui tampilan dan cita rasa yang memiliki ciri khas masing – masing influencer. Setiap generasi fashion selalu mempunyai sosok panutan yang dapat diterima pecintanya. Hampir di setiap negara mempunyai sosok influencer dalam fashion yang memberikan kontribusi melalui tampilan dan cita rasa yang dimiliki. Begitu pula dengan Indonesia. Berikut adalah beberapa wanita yang dapat dikatakan sebagai acuan bergaya bagi khalayak penikmat fashion saat ini.

 

 

  1. Anastasia Siantar

Bermula dari sekedar menulis blog fashion, Anastasia mulai menjadi perbincangan segelintir pecinta fashion. Selain hasil tulisannya yang menarik, wajah cantik dan selera yang baik saat tampil didepan kamera menjadi kunci kesuksesan blog Anastasia. Anastasia bercerita bahwa ia sangat menyukai high heels, bahkan ia bisa menggunakan high heels selama delapan jam tanpa merasa lelah.

  1. Michelle Koesnadi

Francoise Hardy, Jeanne Damas, dan The Olsen Twins adalah fashion icon yang menjadi panutan Michelle dalam bergaya. Simple, chic namun tidak pernah berlebihan adalah gambaran bagaimana Michelle berpakaian. Selain sebagai influencer, Michelle juga seorang freelance stylist yang karyanya sungguh mempesona.

  1. Elxi Elvina

Walau dapat dikatakan sebagai pendatang baru, nama Elxi Elvina sudah semakin dikenal sebagai fashion influencer. Mulai sejak tahun 2015, Elxi berhasil menarik perhatian pecinta fashion Indonesia. Cara berpakaiannya yang edgy dan chic menjadi ciri khas Elxi dalam bergaya. Tak banyak yang tahu bahwa selain menjadi fashion influencer, Elxi juga merupakan seorang desainer dari label baru, Elxilona. Ia berharap bahwa ia dapat menjadi inspirasi bagi dunia fashion melalui caranya berpakaian.

  1. Caroline Robianto

Caroline merupakan seorang marcomm manager di sebuah retail di Indonesiasama halnya dengan Anastasia Siantar, sebelum Caroline terjun ke industri fashion, Caroline memulai kecintaannya terhadap fashion dengan menulis blog pada tahun 2008.

  1. Cindy Karmoko

Banyak fashion influencer  yang awalnya merupakan blogger. Cindy Karmoko juga bermula sebagai blogger sejak tahun 2011. Walau ia menempuh pendidikan di Italia, kariernya sebagai fashion influencer di Indonesia justru semakin menanjak. Wanita berbintang Aries ini sangat mengidolakan Tilda Swinton. Menurutnya, Tilda seperti bunglon, selalu cocok mengkombinasikan berbagai macam pakaian. Kini Cindy juga berkarier sebagai konsultan, stylist, dan pembicara seputar bidang fashion.

Presiden Jokowi Menggunakan Produk Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuktikan kepada dunia bahwa produk lokal indonesia memiliki kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau. Tidak hanya melalui perkataan, beliau juga membuktikannya dengan menggunakan berbagai macam produk lokal mulai dari sarung, jaket, bahkan sepeda motor sekalipun. Jokowi tidak semata – mata memakai produk lokal demi penampilannya sendiri. Dibalik itu, ada pesan yang ingin disampaikan oleh Jokowi kepada masyarakat luas, yakni untuk mencintai produk dalam negeri.

 

  1. Jokowi Menggunakan Sneakers Buatan Bandung

Pada hari senin (23/7/2018), Jokowi menggelar pembicaraan yang amat penting dengan sejumlah pimpinan partai politik, karena berkaitan dengan situasi politik di Indonesia menjelang Pilpres 2019. Namun, ada satu hal yang menarik perhatian masyarakat disamping dari diskusi tersebut. Berdasarkan dari sebuah foto yang beredar, masyarakat melihat Jokowi menggunakan sepatu sneakers berwarna hitam yang kini diketahui bahwa sepatu itu adalah sepatu produksi lokal yang dibuat di Bandung, Jawa Barat. Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui bahwa sepatu tersebut khusus dipesan Jokowi dari sebuah produsen sepatu asal Bandung, Nah Project. Hal tersebut dibenarkan oleh CEO Nah Project, Rizky Arief, bahwa pada hari jumat (20/7/2018) dirinya dihubungi oleh salah seorang staf Sekretaris Negara yang bernama Tedi untuk mengirim sepatu ke Istana Negara. CEO Nah Project tersebut menceritakan bahwa mereknya baru berdiri 10 bulan lalu dan merupakan kebanggaan tersendiri produk mereka menjadi salah satu pilihan Presiden Joko Widodo. Sepatu dari Nah Project tersebut juga diapak Jokowi saat datang ke acara We the Fest 2018.

 

Presiden Jokowi membeli satu unit motor Royal Enfield Bullet 350cc chopper style hasil rakitan modifikator Elders Garage. Adrianka, salah satu pemilik Elders Garage mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat menyukai motor yang berwarna emas itu, Jokowi jatuh hati pertama kali pada motor itu pada Oktober 2017. Adrianka menerima uang sejumlah Rp140 juta rupiah untuk sepeda motor berwarna emas tersebut beberapa hari setelah acara tersebut digelar. Salah seorang pria yang mengaku dari Sektretariat Presiden menghubungi bengkel, ia mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi berniat membeli salah satu motor chopper.

  1. Jaket Custom Lokal Jokowi

Never Too Lavish, adalah sebuah workshop yang memanfaatkan keahlian menuangkan seni lukisan tangan kedalam sebuah produk fashion. Jokowi pernah memesan dan menggunakan jaket jeans dari Never Too Lavish. Pemilik workshop Never Too Lavish, Bernhard Suryaningrat, atau akrab disapa Abeng, mengatakan bahwa jaket yang disiapkan untuk Jokowi berbahan denim alias jeans, yang kemudian dilukis oleh Abeng khusus untuk Jokowi. Jaket hasil lukisan Abeng kerap digunakan Jokowi dalam beberapa kegiatan dan acara – acara yang dihadiri oleh Jokowi.

Fashion Influencer, Ekspresi Melalui Gaya Pakaian

Sosok influencer dalam industri fashion kerap memberikan kontribusi mereka melalui tampilan dan cita rasa yang memiliki ciri khas masing – masing influencer. Setiap generasi fashion selalu mempunyai sosok panutan yang dapat diterima pecintanya. Hampir di setiap negara mempunyai sosok influencer dalam fashion yang memberikan kontribusi melalui tampilan dan cita rasa yang dimiliki. Begitu pula dengan Indonesia. Berikut adalah beberapa wanita yang dapat dikatakan sebagai acuan bergaya bagi khalayak penikmat fashion saat ini.

 

  1. Anastasia Siantar

Bermula dari sekedar menulis blog fashion, Anastasia mulai menjadi perbincangan segelintir pecinta fashion. Selain hasil tulisannya yang menarik, wajah cantik dan selera yang baik saat tampil didepan kamera menjadi kunci kesuksesan blog Anastasia. Anastasia bercerita bahwa ia sangat menyukai high heels, bahkan ia bisa menggunakan high heels selama delapan jam tanpa merasa lelah.

  1. Michelle Koesnadi

Francoise Hardy, Jeanne Damas, dan The Olsen Twins adalah fashion icon yang menjadi panutan Michelle dalam bergaya. Simple, chic namun tidak pernah berlebihan adalah gambaran bagaimana Michelle berpakaian. Selain sebagai influencer, Michelle juga seorang freelance stylist yang karyanya sungguh mempesona.

  1. Elxi Elvina

Walau dapat dikatakan sebagai pendatang baru, nama Elxi Elvina sudah semakin dikenal sebagai fashion influencer. Mulai sejak tahun 2015, Elxi berhasil menarik perhatian pecinta fashion Indonesia. Cara berpakaiannya yang edgy dan chic menjadi ciri khas Elxi dalam bergaya. Tak banyak yang tahu bahwa selain menjadi fashion influencer, Elxi juga merupakan seorang desainer dari label baru, Elxilona. Ia berharap bahwa ia dapat menjadi inspirasi bagi dunia fashion melalui caranya berpakaian.

  1. Caroline Robianto

Caroline merupakan seorang marcomm manager di sebuah retail di Indonesiasama halnya dengan Anastasia Siantar, sebelum Caroline terjun ke industri fashion, Caroline memulai kecintaannya terhadap fashion dengan menulis blog pada tahun 2008.

  1. Cindy Karmoko

Banyak fashion influencer  yang awalnya merupakan blogger. Cindy Karmoko juga bermula sebagai blogger sejak tahun 2011. Walau ia menempuh pendidikan di Italia, kariernya sebagai fashion influencer di Indonesia justru semakin menanjak. Wanita berbintang Aries ini sangat mengidolakan Tilda Swinton. Menurutnya, Tilda seperti bunglon, selalu cocok mengkombinasikan berbagai macam pakaian. Kini Cindy juga berkarier sebagai konsultan, stylist, dan pembicara seputar bidang fashion.

(Nadi Akbar /2101680924)

 Gambar Presiden Jokowi Naik Motor