People Innovation Excellence

FOUNDING FATHER OF PARALYMPIC

Apa sih sebenernya Paralympic itu? Apa sih bedanya Olympic dan Paralympic? Masih lumayan banyak orang-orang yang masih ambigu mengenai Paralympic. Paralympic adalah olimpiade bagi para atlet-atlet yang bekebutuhan khusus (Difabel). Paralympic juga mempunyai kompetisi-kompetisi yang cukup bergengsi. Contohnya adalah yang baru saja selesai kemarin, yaitu Asian Para Games 2018 yang berlangsung pada tanggal  6-13 Oktober 2018 yang berlangsung di Jakarta, Indonesia.

“Para” dalam kata Asian Para Games adalah Paralympic. Paralympic memiliki cabang olahraga yang sama dengan Olympic dan ditambah juga beberapa cabang olahraga tambahan yang hanya khusus untuk Paralympic, diantaranya adalah Boccia untuk atlet yang mengidap Cerebral Palsy dan Goalball untuk atlet yang mengidap Partial Vision Loss. Bagaimana sih sejarah Paralympic bisa terjadi? Siapa dibalik lahirnya olimpiade khusus untuk para atlet yang berkebutuhan khusus?.

Paralympic diciptakan oleh seorang dokter neurologis berkebangsaan Jerman keturunan Inggris bernama Sir Ludwig Guttmann. Beliau lahir pada tanggal 3 Juli 1899 di Tost, Jerman (Sekarang Toszek, Poland) dan dia adalah dokter spesialis di bidang neurologi yang dijuluki sebagai Founding of The Paralympic Games. Pada awalnya Sir Ludwig Guttmann adalah seorang dokter neurologis lulusan University of Freiburg tahun 1919 yang bertugas secara sukarelawan di Königshutte. Seiring berjalannya waktu dia menjadi salah satu dokter neurologi paling terkenal di Jerman dan mendapatkan gelar Doctorate of Medicine pada tahun 1924, tetapi karena dia adalah seorang Yahudi terpaksa dia hanya boleh melakukan praktik kedokteran di rumah sakit Yahudi di Breslau, Poland pada masa NAZI berkuasa di Jerman pada masa World War II.

Ketika NAZI melakukan pembantaian secara brutal kepada kaum Yahudi, dia bersama keluarganya pindah ke Inggris di awal tahun 1939 untuk melanjutkan dan memulai hidup yang baru disana. Dia melanjutkan karirnya sebagai dokter neurologi di Inggris dan membangun sebuah National Spinal Injuries Centre di Stoke Mandeville Hospital di Buckinghamshire, London pada 1 Februari 1944 untuk sebagai pusat pemulihan cedera tulang belakang. Pada tahun 1945 dia beserta keluarganya resmi mendapatkan kewarganegaraan Inggris yang diberikan oleh kerajaan Inggris melalui naturalisasi. Ia juga menjadi bagian dari anggota komunitas Yahudi di Oxford. Sir Ludwig Guttmann percaya bahwa olahraga adalah salah satu metode terapi yang ampuh, maka dari itu di pusat pemulihan tersebut yang rata-rata pasiennya adalah tentara Inggris yang memliki cedera tulang belakang ia latih dengan melakukan metode terapi olahraga untuk membangun kekuatan fisik dan juga membangun self-respect.

Pada tanggal 28 Juli 1948 dia menyelenggarakan sebuah acara Stoke Mandeville Games untuk para orang-orang yang berkebutuhan khusus. Di hari yang sama Stoke Mandeville Games diselenggarakan, diselenggarakan juga London 1948 Summer Olympics. Pada tahun 1952 lebih dari 130 kompetitor dari seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam Stoke Mandeville Games. Karena banyaknya yang ikut berpartisipasi kompetisi ini, Stoke Mandeville Games diselenggarakan setiap tahun.

Pada kompetisi Stoke Mandeville Games di tahun 1956, Sir Ludwig Guttmann menerima penghargaan berupa Sir Thomas Fearnley Cup oleh International Olympic Comitte (IOC) karena pencapaian dan kerja keras dalam pengembangan olahraga balap kursi roda (Wheelchair Sports). Visi dia akhirnya tercapai juga dengan menjadikan Stoke Mandeville Games sebagai kompetisi yang bersifat Internasional yang diselenggarakan bersama dengan 1960 Summer Olympics Rome pada tahun 1960 yang juga menjadikan kompetisi itu sebagai The First Paralympic Games. Banyak penghargaan yang didapat oleh Sir Ludwig Guttman, salah satunya adalah gerlar kebangsaan yang diberikan langsung oleh Queen Elizabeth II pada tahun 1966. Sayangnya dia mengidap penyakit serangan jantung yang menyebabkannya meninggal pada 18 Maret 1980.

Warisan dan peninggalannya akan selalu dikenang oleh orang-orang di seluruh dunia. Salah satu peninggalannya adalah Stoke Mandeville Stadium yang disampingnya juga dibangun National Centre for Disability Sports sebagai pusat olahraga bagi atlet-atlet berkebutuhan khusus. Institut Guttman, yaitu rehabilitas untuk neurologi di Barcelona dibangun berdasarkan nama dari Sir Ludwig Guttman. Pada tahun 2012 patung Sir Ludwig Guttmann didirikan di Stoke Mandeville Stadium pada saat berlangsungnya 2012 Summer Olympic and Paralympic London.

CAPRIO


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close