People Innovation Excellence

Profesionalitas di Lingkungan Kerja

Banyak sekali hal yang kita dengar saat berada di dunia kerja. Semua hal yang kita jalani dengan kebiasaan sebelumnya pasti berbeda. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan karena saat memasuki dunia kerja adalah saat dimana kita bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang baru yang pastinya banyak pendapat atau sifat yang berbeda jauh dengan kita. Itulah mengapa ada hal-hal yang harus diperhatikan saat kita berada di tempat kerja untuk menjaga sikap dan suasana selama berada di antara orang-orang di sana.

  1. Hindari sikap “unprofessional.” Mengapa harus dihindari? Karena saat kita bekerja banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan schedule yang sudah ada dan juga pasti terdapat masalah yang datang dan mengharuskan kita bersikap dewasa dan tetap professional, serta dapat menahan emosi menghadapi masalah tersebut.
  2. Bersikap kompeten. Memahami tugas dan mengerjakan tugas dengan baik agar mendapat hasil yang sempurna.
  3. Pasti banyak orang yang mengharapkan sekaligus mengandalkan kita saat di tempat kerja untuk tepat dalam segala hal. Jadi tugas kita adalah dapat menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di tempat kerja.
  4. Kita harus dapat menunjukkan sikap konsisten yang kita miliki dalam diri kita.
  5. Menghormati orang lain. Memperlakukan dan menyikapi orang lain layaknya seperti mereka penting untuk diri kita.
  6. Peningkatan diri. Baiknya kita terus meningkatkan kualitas diri dengan cara terus belajar dan mencari tau hal-hal yang ada, daripada hanya memiliki pengetahuan yang sama dan tidak ada kemajuan.
  7. Selalu menjadi orang yang positif. Tidak ada orang yang suka dengan orang yang selalu berpikiran dan berperilaku negative serta pesimis. Jadi, sangatlah penting untuk bersikap positif di tempat kerja dalam hal apapun.
  8. Mendukung satu sama lain. Dalam dunia bekerja dukungan sangat diperlukan oleh sesame, terlebih lagi rekan kerja.
  9. Fokus terhadap perkerjaan kita. Jangan pernah lengah dan membiarkan pekerjaan sesuai moodyang sedang kita rasakan. Kita harus selalu fokus terhadap apa yang sedang kita kerjakan dan menyelesaikannya dengan baik samapai tuntas baru berpindah ke pekerjaan yang lainnya.
  10. Mendengarkan orang lain. Dalam dunia kerja, banyak kepala dengan banyak pikiran yang berbeda serta tidak mudah untuk disatukan. Itu mengapa sangat dibutuhkan seseorang dengan kemampuan “good listener.” Karena orang yang memiliki kemampuan tersebut dapat mendengarkan orang lain dan memberi kesempatan untuk saling bertukar pikiran dalam berbagi saran dan menghasilkan ide-ide yang baru.

Keuntungan dalam diri kita jika menjalankan hal-hal di atas sangatlah banyak. Karena selain untuk kemajuan perusahaan di tempat kita bekerja, juga dapat meningkatkan kualitas diri. (Meiske Sandra)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close