Binusian tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah internship atau lebih sering disebut magang. Track internship dalam program 3+1 membuat para mahasiswa tidak hanya merasakan dunia perkuliahan seperti umumnya, namun juga diberi kesempatan untuk mencicipi dunia kerja lebih dini. Sehingga track internship dalam program 3+1 ini dirancang dengan tujuan menghasilkan para lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Program 3+1 berlaku untuk berbagai jurusan termasuk jurusan ilmu komunikasi. Tiga tahun menjalani perkuliahan dikombinasikan dengan program magang selama satu tahun membuat para mahasiswa semakin mendalami berbagai pengetahuan dalam bidang profesi ilmu komunikasi. Seluruh teori dan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama masa perkuliahan merupakan bekal bagi para mahasiswa untuk terjun langsung dalam dunia kerja di bidang ilmu komunikasi.

Program magang yang dijalani tentu akan memperkaya wawasan dan kemampuan di bidang ilmu komunikasi yang dipetik langsung dari para praktisi di berbagai perusahaan. Sebuah kesempatan besar bagi para mahasiswa untuk dapat mengambil bagian dalam sebuah perusahaan sambil disupervisi langsung oleh para praktisi berpengalaman, serta diarahkan oleh dosen pembimbing yang siap memberi masukan kepada para mahasiswanya.

Pengalaman Evelyn ketika menjadi intern di Pertamina

Berbagai manfaat dirasakan setelah menjalani program magang, yakni para mahasiswa tidak lagi hilang tanpa arah dalam menekuni profesi di bidang ilmu komunikasi kelak. Tidak lagi merasa kebingungan ketika mendapat pertanyaan “Ingin bekerja di perusahaan apa?”, atau pertanyaan “nanti mau kerja jadi apa?”, sebab pengalaman berpartisipasi dalam berbagai divisi dan fungsi selama program magang akan mempermudah para mahasiswa dalam menentukan pilihan berprofesi. Salah satu manfaat lain yang akan didapatkan adalah memperluas jaringan, seperti yang kita tahu bahwa networking merupakan aspek yang berperan penting dalam berkarier. Tidak mudah bagi seorang mahasiswa untuk dapat menjalin hubungan penting dengan para praktisi jika tidak melalui program magang.

Pengalaman magang yang didapatkan merupakan sebuah bekal dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Menjalani program magang di berbagai divisi dan perusahaan yang beragam membuat para mahasiswa dapat saling berbagi pengalaman dan ilmu yang didapatkan di tempat magangnya masing-masing. Pengalaman magang yang diperoleh merupakan sebuah pelajaran berharga, sesuai dengan kata pepatah bahwa pengalaman adalah guru terbaik bukan? (EM)