People Innovation Excellence

Peranan Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial

Media sosial merupakan media online yang mendukung sebuah interaksi sosial dengan menggunakan teknologi berbasis internet atau web yang bisa mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif seperti menciptakan hubungan komunikasi antara seorang penulis dengan penggemarnya. Contoh dialog interaktif yang terjadi pada salah satu aplikasi media sosial yaitu “Line”, aplikasi tersebut biasa digunakan untuk mengirim pesan, menelfon, dan membaca sebuah berita. “Line Today” adalah tempat dimana kita bisa membaca artikel yang berisi sebuah informasi terkini. Pada “Line Today” tersedia kolom komentar untuk para pembaca agar bisa memberikan pendapat atau komentar atas apa yang mereka baca.

Beragamnya jenis aplikasi dan kemudahan dalam pengaplikasiannya membuat media sosial menjadi sahabat bagi para penggunanya. Media sosial memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, di dalam aktivitas sehari-hari tentunya semua orang menggunakan media sosial sebagai media mencari informasi, menambah wawasan, memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dan masih banyak hal lainnya seperti berperan dalam suatu perubahan sosial. Perubahan sosial merupakan perubahan variasi cara hidup seseorang akibat dari adanya penemuan-penemuan baru dalam masyarakat, seperti halnya media sosial yang saat ini dapat merubah perilaku manusia menjadi lebih individual karena lebih mementingkan dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata. Perubahan perilaku tersebut mungkin dapat dikatakan sebagai dampak negatif dari media sosial. Selain dampak negatif apakah ada dampak positif yang dihasilkan media sosial selain membantu manusia dalam berkomunikasi?

Dampak positif media sosial selain memudahkan manusia dalam berkomunikasi secara instan yaitu peranan terhadap perubahan yang lebih baik, perubahan besar yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Seperti halnya perubahan yang terjadi pada peristiwa Arab Spring 2011. Media sosial dilibatkan dalam peristiwa ini untuk mencapai suatu perubahan yang lebih baik. Arab Spring 2011 adalah peristiwa unjuk rasa dan protes di dunia Arab yang bertujuan untuk menggulingkan diktator yang berkuasa di negara-negara timur tengah. Protes dan unjuk rasa ini melibatkan media sosial sebagai media untuk menyuarakan aspirasi yang dimiliki oleh warga sipil kepada kepemerintahan Arab. Pada saat itu mereka menggunakan Facebook untuk menyebarkan informasi mengenai kapan jadwal untuk melakukan unjuk rasa, serta menggunakan Twitter dan Youtube untuk meningkatkan kesadaran terhadap usaha-usaha penekanan oleh pemerintah. Melalui media sosial munculah rasa empati dan kesadaran diri individu akan apa yang telah dialami di dunia Arab, sehingga pada peristiwa ini Arab mendapat dukungan dari luar negri seperti Uni Eropa, Amerika Serikat, serta negara-negara timur sosialis yang memiliki kepentingan terhadap timur tengah. Berdasarkan contoh pengaruh atau dampak yang diberikan oleh media sosial tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media sosial dapat membantu menciptakan suatu perubahan yang besar bagi kehidupan kita. (MRZ)

 

Referensi:

http://indomembaca.blogspot.co.id/2016/03/arab-spring-badai-revolusi-timur-tengah.html

https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close