People Innovation Excellence

Media Massa Tradisional: Merpati dan Kentongan

Jauh sebelum teknologi komunikasi massa seperti “smartphone” muncul, manusia mengirimkan pesan jarak jauh menggunakan merpati dan kentongan. Merpati dan kentongan adalah contoh media massa tradisional. Media massa tradisional paling banyak digunakan di perdesaan dan dilakukan secara sederhana. Media massa tradisional mempunyai dimensi sosial, media komunikasi tradisional juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki dan tidak dipakai oleh media modern. Media massa tradisional bisa ditukar menjadi seni yang lebih menarik, sederhana dan mudah dimengerti. Bentuk media massa tradisional ada empat yaitu: lambang isyarat, simbol, gerakan, bunyi-bunyian.

 

  1. Merpati Pos
    • Merpati pos merupakan media komunikasi massa yang popular pada zaman dahulu. Merpati pos adalah burung merpati yang dilatih oleh manusia untuk dapat mengirimkan pesan jarak jauh. Burung merpati dijadikan media komunikasi karena dianggap memiliki daya ingat yang kuat dan naluri kembali ke tempat asal walaupun telah pergi ke tempat yang jauh. Saat ini posisi merpati pos sudah tergantikan oleh teknologi media komunikasi yang semakin banyak ragamnya.
  2. Kentongan
    • Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat dahulu. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Kentongan populer sebagai media komunikasi tradisional, dan sampai era modern ini juga masih digunakan di pedesaan bahkan di perumahan pun masih di gunakan.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close