People Innovation Excellence

Pengaruh Teknologi dan Media Komunikasi

Manusia merupakan mahluk hidup yang diciptakan berbeda dengan mahluk hidup lainnya. Kita manusia memiliki akal yang membuat kita selalu berpikir untuk dapat hidup lebih baik, lebih nyaman dan keluar dari suatu masalah. Karena itu terbentuklah suatu media komunikasi yang dapat mempermudah suatu komunikasi. Seperti yang kita tahu pada zaman dahulu komunikasi sangatlah terbatas. Kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang yang berada pada daerah yang berbeda sehingga komunikasi dibatasi oleh ruang dan waktu. Tetapi karena manusia memiliki akal yang membuat mereka harus mencari solusi dari sebuah masalah terbentuklah teknologi untuk mengatasi masalah tersebut. Pada awalnya orang-orang berkomunikasi dengan menggunakan merpati dan surat. Sekarang kita sudah dapat menggunakan teknologi yang canggih tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu seperti handphone maupun internet. Kemajuan teknologi dan komunikasi juga mempermudahkan kita untuk dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan dari website dalam internet seperti google. Pada saat ini media komunikasi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia karena tanpa media komunikasi kita akan lebih sulit dalam melakukan aktifitas – aktifitas yang lainnya. Perkembangan teknologi pada saat sekarang ini telah membuka wajah baru dalam peran masyarakat untuk lebih mengetahui dan dapat menggunakan serta merasakan manfaatnya dan dapat memperoleh informasi dunia secara langsung baik itu melalui pemberitaan media elektronik maupun media cetak dengan perkembangan media komunikasi saat ini masyakarat dapat menjadi kritis dan tanggap terhadap sesuatu yang berkembang. Namun, dengan perkembangan teknolgi media komunikasi saat ini manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa media komunikasi dapat mendatangkan kerusakan dan kesengsaraan bagi setiap penggunanya jika manusia itu sendiri tidak dapat mengendalikan dirinya dalam hal untuk pemanfaataan dari media komunikasi tersebut. Kerusakan yang diakibatkan dari perkembangan media komunikasi berupa berita yang disampaikan oleh media dapat memanipulasi pikiran dari pendengarnya. Sebagai contoh, partai politik tertentu dapat memanipulasi laporan yang menguntungkan mereka yang akan menunjukkan kontrol politik di media. Kekerasan juga merupakan faktor utama yang terlihat dan berpotensi menjadi penghasut yang berbahaya pada khalayak muda. Anak – anak muda dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat di televisi atau internet, kemudian meniru tindakan kekerasan. Contohnya adalah acara smackdown yang menyebabkan ada anak yang meninggal. Sensasionalisme yang tidak perlu dari sebuah isu juga dapat memproyeksikan informasi yang salah kepada publik. Infomasi yang dilaporkan juga tidak otentik dari setiap sudut. Oleh karena itu, mungkin akan ada salah tafsir terhadap sesuatu.

Perkembangan media komunikasi tidak hanya memiliki dampak negatif saja tetapi tentu memiliki dampak positifnya seperti media dalam bentuknya dapat memperkenalkan kita akan cara berpikir kreatif yang dapat membantu kita memperbaiki dengan cara yang berbeda, baik itu dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan kita. Hal ini dapat mengubah perspektif dan memotivasi kita untuk melakukan hal yang baru. Media juga dapat membantu kita berhubungan dengan orang lain di seluruh dunia dan menjadi lebih terbuka serta memahami budaya bangsa lain. Anak-anak juga mendapat manfaat dari media karena dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam mata pelajaran tertentu. Jadi perkembangan media sebenarnya merupakan hal yang sangat baik sekali sehingga yang harus dilakukan saat ini adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam memilah suatu informasi (HD).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close