Yuk Kenalan dengan Komunikasi Massa

Komunikasi merupakan sebuah proses menyampaikan informasi dari komunikator kepada komunikan atau penerima informasi. Pada saat melakukan komunikasi, minimal membutuhkan dua orang. Karena ketika hanya satu orang, tidak akan terjadi yang namanya berkomunikasi dan dialog. Jika hanya satu orang, maka itu disebut monolog. Komunikasi menghubungkan dua orang atau lebih untuk melakukan dialog.

Nah, lalu apa sih yang disebut sebagai komunikasi massa? Komunikasi massa adalah suatu proses dimana para komunikator menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan pesan secara luas terus menerus dan meciptakan makna makna serta diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan beragam dengan melalui berbagai cara (DeFleur & McQuail, 1985, McQuail, 2000).  Dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa dalam penyampaian informasi yang ditujukan kepada orang banyak atau publik dan diterima secara serentak.

Komunikasi massa bisa dilakukan dengan berbagai macam media, seperti TV, radio, koran atau majalah (print), dan internet. Saat ini yang paling banyak disukai adalah media internet. Salah satunya, karena kemudahan aksesnya. Namun tidak berarti TV dan radio serta print ditinggalkan. Walaupun berkurang jumlahnya, tetap masih banyak orang yang memperguanakan media massa tersebut sebagai media penyampai pesan, walaupun tidak sebanyak dulu lagi. Lalu, media massa mana yang menjadi pilihan kamu?