People Innovation Excellence

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Berkenalan dengan Orang Baru

Sebagai makhluk sosial bertemu atau berkenalan dengan orang baru bukanlah hal yang aneh lagi, hampir setiap minggunya sedikitnya kita akan diperkenalkan atau di pertemukan dengan orang baru baik di perkenalkan dengan teman sendiri maupun dari media sosial. Tidak perlu berkenalan dengan orang tersebut pasti setidaknya kita akan bertemu dengan orang yang baru setiap harinya, dan pastinya jika kita sedang bertemu dengan orang baru, di dalam diri kita menginginkan untuk selalu mengeluarkan sisi terbaik dalam diri sendiri, untuk menciptakan sebuah pandangan yang bagus di mata si orang baru tersebut. Disini saya akan membahas tentang 5 Hal yang harus diperhatikan saat berkenalan dengan orang baru

Yang pertama adalah senyum, Senyum? kenapa senyum? Karena senyum merupakan ekspresi wajah yang menggambarkan jika diri kalian merupakan sosok yang positif dan ramah. Yang dimana hal itu baik untuk memberikan kesan pertama kepada orang baru tersebut. Mereka akan berpikir kalau kalian ramah dan terbuka sehingga mereka si orang baru itu juga akan memberikan kesan yang baik untuk kalian. Yang kedua adalah jangan berlebihan, maksud dari jangan berlebihan disini adalah untuk kalian yang sudah saling berkenalan, setelah kalian sudah berkenalan dengan si orang baru tersebut, biasanya kan akan melakukan sedikit basa-basi atau chit-chat seputar kehidupan masing masing bukan? Nah, disini sebaiknya jangan berbicara terlalu banyak tentang kehidupanmu dulu, karena statusnya baru saja berkenalan, bicarakanlah dulu topik yang ringan jangan langsung ke masalah pribadi. Karena kita baru saja mengenal orang tersebut dan belum mengenal jauh orang itu. Jadi bisa saja dia tidak nyaman dengan topik itu lalu memberikan kamu kesan yang buruk pada awal pertemuan.

Yang Ketiga adalah berpikir sebelum berbicara, Hal ini tentu sudah sering kita dengar bukan? Baik dari orang tua, guru, bahkan sebetulnya dari diri kita sendiri sudah tahu bahwa kita perlu berpikir sebelum berbicara. Tetapi seringnya masih banyak yang tidak berpikir sebelum berbicara, terutama saat sedang bercanda. Memberikan beberapa candaan saat sedang berbicara dengan orang baru bukanlah masalah yang besar, tetapi akan menjadi masalah besar apabila ucapanmu menyakiti si kenalan  kamu tersebut, walaupun itu bukan salahmu tetap saja mulutmu harimaumu, jadi berpikirlah 2-3x sebelum kamu ingin mengungkapkan apapun itu. Yang keempat adalah Membalikan pertanyaan kembali, apa itu maksudnya? maksudnya adalah saat sedang melakukan percakapan dengan kenalan baru kamu tersebut carilah cara untuk memperpanjang percakapan kalian dengan cara bertanya balik, jadi contohnya adalah ketika ditanya “Kamu kuliah disini?” daripada hanya menjawab “iya” lebih baik balas kembali dengan sebuah pertanyaan “iya, kalau kamu kuliah dimana?” Nah, dengan begitu percakapan akan terus berjalan seiring dengan pertanyaan pertanyaan yang terus berdatangan. Lalu yang kelima yaitu peka terhadap lawan bicaramu, berhubungan dengan pernyataan yang keempat hal ini di maksudkan supaya kamu bisa lanjut berteman dengan kenalan baru mu ini. Tapi maksud lebih jelas dengan peka disini adalah untuk mengetahui apakah lawan bicaramu nyaman dengan pertanyaan pertanyaan yang kamu berikan, atau juga apakah dia bosan dengan percakapan kalian. Sehingga kalau kamu peka dengan lawan bicaramu otomatis kamu dapat mengatur siasat untuk memperbaiki keaadan, apabila kamu dapat mengatur keadaan dengan cara peka terhadap lawan bicaramu maka kamu akan memberikan kesan yang baik dengan kenalan barumu itu!

Jadi begitulah 5 hal  yang harus diperhatikan saat berkenalan dengan orang baru yang dimana akan berguna apabila kamu ingin berteman dengan orang baru tersebut! Selamat mencoba! (CW)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close